Jangan Khawatir, Ini 4 Bahan Alami yang Bisa Atasi Mimisan

Avatar of PortalMadura.Com
Jangan Khawatir, Ini 4 Bahan Alami yang Bisa Atasi Mimisan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – adalah istilah yang dikenal secara medis sebagai epistaksis atau pendarahan hidung. Epistaksis merupakan kondisi yang ditandai dengan keluarnya darah melalui lubang hidung. Mimisan sering terjadi pada anak-anak terutama saat mereka mengalami kelelahan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya mimisan, seperti alergi, luka di hidung, kedinginan, atau bahkan udara yang kering. Oleh karena itu, Anda harus menjaga daya tahan tubuh agar mimisan tidak terjadi pada Anda. Namun, apa yang bisa Anda lakukan jika mimisan terjadi tiba-tiba?.

Berikut adalah cara alami untuk menghentikan mimisan:

Cuka
Saat Anda atau anak terkena mimisan dan bingung untuk membersihkannya, coba bersihkan dengan cuka. Cuka mampu menghentikan aliran darah, membersihkan hidung dan darah yang mengering. Caranya adalah celupkan bola kapas ke dalam cuka dan kemudian tempatkan di hidung yang mimisan. Diamkan selama beberapa menit dan pendarahan hidung akan segera berhenti.

Garam
Iritasi dalam hidung juga bisa membuat hidung mimisan. Untuk menghilangkan iritasi tersebut dan alergi yang menyebabkan mimisan, gunakan garam dapur. Caranya adalah campurkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kemudian basuhkan di hidung.

Es
Jika mimisan terjadi karena cedera pada hidung, kompreslah dengan es. Es akan menghentikan pendarahan dan meredakan peradangan dengan menenangkan pembuluh darah. Anda bisa menghancurkan beberapa es batu dan menempatkannya ke dalam kantong plastik. Kemudian kompres dengan lembut di atas hidung.

Menekan Hidung
Saat terjadi mimisan, Anda bisa menekan hidung beberapa kali untuk menghentikan pendarahan di hidung. Gunakan tisu atau sapu tangan dan tekan dengan lembut beberapa kali.

Selain cara tersebut, Anda bisa mencegah mimisan dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Sebab vitamin ini akan membentuk kolagen baru di hidung serta kandungan vitamin C di dalamnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah mimisan. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.