oleh

Jangan Konsumsi Gula Berlebihan, Ini 6 Bahayanya Bagi Kulit

PortalMadura.Com – Merawat tubuh menjadi cantik layaknya para artis kenyatannya tidak hanya perlu melakukan perawatan skincare dari luar. Tapi, menjaga setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga tidak luput dari perhatian.

Hal ini tidak lain untuk memancarkan kecantikan dari dalam atau yang biasa dikenal dengan sebutan ‘inner beauty‘. Salah satu caranya yaitu dengan menghindari konsumsi gula dalam jumlah berlebih.

Bahan makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari ini rasanya memang cukup sulit untuk dihindari. Karena dengan mengonsumsinya akan membuat semua makanan jadi terasa lebih lezat di lidah.

Tidak hanya berbaya bagi kesehatan tubuh, penyerapan gula non-alami oleh tubuh juga bisa berimbas pada kecantikan Anda. Mau tahu apa saja efek negatif konsumsi gula berlebih bagi kecantikan?.

Simak informasi yang dilansir Merdeka.com dari laman The Health Site dan The Huffington Post berikut ini:

Kantung Mata

Tahukah Anda, bukan hanya garam saja yang bisa menjadi pemicu timbulnya kantung mata. Konsumsi gula dalam jumlah besar atau berlebihan setiap hari dapat meningkatkan inflamasi atau pembengkakan di bawah mata.

Sebagaimana menurut ahli dermatologi seperti dikutip Huffington Post, Patricia K. Farris di Tulane University mengatakan, pasien-pasiennya yang berhenti mengonsumsi gula mendapati kantung mereka berkurang.

Jadi, bagi Anda yang ingin terhindari dari kantung mata, maka sebaiknya hindari pemakaian gula secara berlebihan. Apabila menginginkannya, boleh sedikit saja.

Jerawat

Hampir semua orang tidak menginginkan jerawat muncul di wajah. Karena, dengan adanya jerawat akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri saat berpenampilan.

Nah, selain menggunakan produk skincare, Anda juga perlu menghindari konsumsi gula. Asupan gula yang berlebihan akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Tingginya tingkat insulin ini akan memicu produksi sebum di permukaan kulit. Sebum inilah yang kemudian menutup pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

Loading...

Penuaan Dini

Perlu Anda ketahui, kolagen dan elastin adalah dua protein penting yang menjaga kelenturan dan keremajaan sel kulit. Tapi saat Anda mengonsumsi glukosa dan fruktosa pada makanan manis, itu merusak kedua protein tersebut.

Selain itu, juga akan memicu produksi AGE (Advanced Glycation End Products) yang membuat kolagen dan elastin tidak bisa menjalankan fungsi regenerasi sel.

Lebih jauh lagi, kombinasi AGE dan efek merusak sinar UV menghasilkan Reactive Oxygen Species (ROS) yang menambahkan gejala penuaan lebih lanjut pada kulit.

Hirsutisme

Hirsutisme merupakan pertumbuhan rambut di wajah pada wanita, biasanya di daerah sekitar mulut. Dengan kata lain, bulu halus ini muncul di area mulut layaknya laki-laki yang memiliki kumis, tapi bagi wanita tidak terlalu nampak.

Hal ini karena produksi hormon testosteron yang berlebihan pada wanita. Produksi hormon berlebih ini dipicu oleh insulin. Jadi, tingginya insulin dalam tubuh tidak hanya menimbulkan jerawat saja, namun juga hirsutisme.

Tubuh Gemuk

Tubuh ideal yang diharapkan kaum wanita pada umumnya yaitu langsing atau berbodi gitar. Apabila terlalu banyak lemak pada tubuh biasanya akan membuat sebagian wanita merasa terganggu, karena rasanya tidak enak dipandang mata.

Baca Juga : Inilah 3 Efek Negatif Konsumsi Gula Berlebihan Pada Kulit

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau asupan gula yang berlebihan akan membuat Anda menimbun cadangan energi tidak terpakai di dalam tubuh. Akibatnya tubuh jadi berlemak.

Kulit Kasar

Tingginya insulin tidak cuma memicu produksi sebum di kulit. Kadar insulin yang tidak seimbang juga bisa memicu peradangan di kulit. Akibatnya kulit jadi tampak kusam, kasar, dan mudah kemerahan. Anda tentu tidak mau kan jika memiliki kulit yang kasar?. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi gula secara berlebihan.

Itulah 6 bahaya gula bagi kecantikan. Disarankan bagi Anda para penyuka gula untuk mengonsumsi gula secukupnya saja. Semoga bermanfaat.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com

Komentar