Jangan Langsung Banting Setir Saat Ada Bahaya di Jalan, Begini yang Benar

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Langsung Banting Setir Saat Ada Bahaya di Jalan, Begini yang Benar
ilustrasi

PortalMadura.Com – Baru-baru ini sempat ada kabar kurang baik yang meresahkan pengguna jalan, khususnya pemilik mobil. Pasalnya, ada pelemparan batu yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab dari atas jembatan. Akibatnya, sampai ada korban meninggal akibat kejadian tersebut.

Walaupun memang ada banyak risiko yang mungkin terjadi dan itu tidak bisa diduga selama dalam perjalanan. Perlu diketahui, pengendara jangan langsung saat mengalami hal itu. Karena, akan berdampak pada pengemudi lainnya.

Lantas, apa yang harus dilakukan?.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Jusri Pulubuhu mengatakan, bahaya saat mengemudi berasal dari enam titik, yakni depan, belakang, sisi kiri, sisi kanan, atas, hingga bawah.

“Ini harus diingat oleh pengemudi. Sehingga kalau ada kejadian orang jahat melempar batu, dia bisa mendeteksi dan mengurangi risiko celaka,” kata Jusri.

Selain harus bisa mendeteksi sumber bahaya yang datang, kata Jusri, diharapkan pengemudi tidak panik saat mengalami kejadian tersebut.
“Kalau pengemudinya tidak panik, semua pengetahuan tentang cara mengemudi yang aman bisa dilakukan. Kalau panik, buyar semua,” ujarnya.

Dikatakan Jusri, hal paling penting yang perlu diingat pengemudi adalah jangan langsung melakukan manuver mendadak saat mengalami bahaya.

“Jangan melakukan manuver tiba-tiba, misalnya mengerem mendadak atau bahkan banting setir. Gerakan yang tiba-tiba ini akan membuat masalah baru, yakni kecelakaan, karena bisa jadi pengemudi mobil lainnya tidak siap,” ungkapnya.

“Penting juga selalu diingat pengemudi, kontrol kecepatan saat menyetir. Karena kalau bisa mengontrol itu, dia bisa berpikir harus melakukan apa saat ada bahaya yang datang, misalnya kayak pelemparan batu dari atas jembatan penyeberangan itu,” pungkasnya. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.