Jangan Menghakimi, Ini Kesalahan Anda dalam Mendidik Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Jangan Menghakimi, Ini Kesalahan Anda dalam Mendidik Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Orang tua memiliki tanggungjawab dengan sangat hati-hati. Karena sikap ataupun kata-kata yang di ucapkan akan mempengaruhi si kecil untuk bertindak hal yang sama.

Banyak hal yang di ajarkan oleh orang tua pada anak dan tanpa disadari ada saja dalam mendidik yang justru memberi dampak buruk untuk perkembangannya. Misalnya, banyak orang tua yang masih berharap terlalu banyak tentang anak.

Wajar jika ayah dan ibu punya harapan baik untuk anaknya, namun ketahui mana yang terlalu tinggi dan mana yang sewajarnya. Linda Sonna, Ph.D., penulis buku parenting The Everything Toddler Book mengatakan bahwa orangtua berasumsi anak-anak sudah seharusnya tahu dan mengerti seperti mereka mengetahui dan memahami sesuatu.

Ketika anak melanggar aturan sedikit saja, Anda bersikap keras dan menghakimi. Sikap disiplin ini salah, karena anak-anak kecil butuh berlatih dan masih belajar sedikit demi sedikit tentang keadaan sekitarnya.

Ketika anak melakukan kesalahan, tanggapi dengan halus, beri penjelasan padanya mengapa hal ini tidak boleh dilakukan dan apa yang sebaiknya anak lakukan ketika hal-hal seperti itu terjadi lagi. Intinya, berikan alasan yang jelas dan pasti agar mudah dipahami oleh si kecil.

Seringkali ekspektasi tinggi tidak akan membuahkan hasil menyenangkan. Kesalahan besar jika Anda mudah kecewa ketika anak tidak melakukan apa yang Anda inginkan. Anak-anak butuh belajar dan bersabarlah jadi orang tua. Lakukan yang terbaik dengan cara yang baik agar anak Anda bisa menjadi seseorang yang diharapkan dan bermanfaat terhadap orang banyak. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.