Jangan Minum Kopi Dulu Jika Alami 6 Hal Ini

Secangkir kopi
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Minum kopi sekarang sudah menjadi tren gaya hidup bukan hanya di desa tapi juga di perkotaan. Bahkan, kopi yang dulunya banyak disukai pria, saat ini juga disukai wanita.

Sebenarnya ada beberapa bahaya minum kopi yang dilakukan secara berlebihan. Kandungan kafeinnya yang bisa berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, ada beberapa gangguan kesehatan yang penderitanya dilarang minum kopi. Penasaran apa saja?

Berikut ini daftarnya:

Perasaan Cemas
Kopi sering kali menjadi teman setia di kala Anda merasa stres akan deadline pekerjaan atau lembur di kantor. Namun, bagi Anda yang sering mengalami gangguan cemas lebih baik menghindari kopi ataupun minuman berkafein.

Kafein dapat memperparah kecemasan dan membuat Anda tidak dapat tertidur pulas atau mencetuskan respon flight or fight tubuh. Jadi bagi Anda yang merasa cemas, bisa jadi kopi yang Anda minum sudah terlalu banyak.

Sakit Perut
Anda mengalami nyeri perut terutama di area ulu hati? Bisa jadi kopi yang Anda minum merupakan penyebabnya. Kopi dapat merangsang peningkatan asam lambung dan mencetuskan keluhan nyeri di ulu hati.

Solusinya jika Anda memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya hindari minum kopi berlebihan. Usahakan juga untuk makan terlebih dahulu sebelum minum kopi.

Jantung Berdebar
Keluhan jantung berdebar salah satunya dapat disebabkan oleh konsumsi kopi yang berlebihan. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi menyebabkan beberapa kasus keluhan jantung berdebar yang berujung pada keluhan pusing berputar dan pingsan.

Jika Anda mengalami keluhan jantung berdebar, sebaiknya hindari sama sekali minum kopi.

Diare
Pada beberapa orang, kopi memiliki efek laksatif dan dapat membuat Anda buang air besar lebih sering, bahkan mengalami diare. Minum kopi lebih dari 2 cangkir sehari dapat meningkatkan risiko Anda mengalami diare.

Jadi bila frekuensi Anda bolak-balik ke kamar mandi meningkat, saatnya Anda untuk mengurangi konsumsi kopi.

Insomnia
Ketika Anda butuh terjaga semalaman, kopi sering menjadi pilihan utama. Namun, terlalu banyak minum kopi justru akan membuat Anda susah tidur. Karena kopi dapat bertahan di dalam tubuh selama 14 jam.

Jadi, minum kopi secara berlebihan tentu dapat membuat Anda susah tidur, terbangun di malam hari, hingga menurunkan kualitas tidur. Akan lebih baik bila Anda minum kopi di pagi atau siang hari saja.

Sakit Kepala
Kafein (dengan dosis yang sesuai) dapat membantu meringankan nyeri kepala yang Anda alami. Oleh karena itu, tidak heran kafein sering kali menjadi kandungan obat anti nyeri yang dijual di pasaran.

Kopi memang bisa memberikan banyak manfaat. Mulai dari memperbaiki mood, memberi semangat kerja dan teman nongkrong bareng teman yang asik. Namun anda juga harus mengerti kondisi anda. Apabila anda merasa ada yang aneh setelah meminumnya, ada baiknya kalau anda mengurangi konsumsi kopi terlebih dahulu. (merdeka.com/Desy)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.