oleh

Jangan Panaskan Mesin Terlalu Lama, Ini Alasannya

PortalMadura.Com – Umumnya, para pemilik kendaraan melakukan rutinitas setiap hari yaitu memanaskan mesin. Biasanya hal itu dilakukan beberapa menit sampai suhu mesin mencapai ideal.

Mereka juga percaya bahwa dengan memanaskannya akan membuat performa mesin lebih baik atau siap digunakan ketika ingin berkendara. Tapi, benarkah mesin mobil harus dipanaskan secara rutin tiap hari?. Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan di bawah ini:

Terungkap bahwa sebenarnya kegiatan memanaskan mobil tidak harus dilakukan. Apalagi, sampai dijadikan rutinitas harian. Terlebih, untuk mobil-mobil saat ini, yang mayoritas sudah didesain mutakhir, sehingga bisa langsung menyesuaikan dengan berbagai macam suhu.

Loading...

Mesin-mesin mobil yang sudah mengadopsi pengabutan injeksi, sistem komputernya bisa menyesuaikan secara otomatis. Alhasil, memanaskan mesin mobil hingga siap digunakan tidak lagi butuh waktu lama.

Baca Juga: Waspada! Begini Cara Tepat Panaskan Mobil

Ketika suhu di luar sedang dingin, oli mesin akan menyusut secara volume. Namun, itu akan terjadi jika mobil tidak dipakai dalam waktu lama. Jadi, jika kendaraan digunakan setiap hari, tidak perlu memanaskan mesinnya hingga lebih dari lima menit.

Memanaskan mesin terlalu lama juga berisiko menimbulkan emisi gas buang berlebihan, jika hal itu dilakukan di ruang tertutup. Pastikan melakukannya dengan dukungan sirkulasi udara yang cukup.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : viva.co.id
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar