Jangan Panaskan Mesin Terlalu Lama, Ini Alasannya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Panaskan Mesin Terlalu Lama, Ini Alasannya
Ilustrasi (Otojurnalisme)

PortalMadura.Com – Umumnya, para pemilik kendaraan melakukan rutinitas setiap hari yaitu . Biasanya hal itu dilakukan beberapa menit sampai suhu mesin mencapai ideal.

Mereka juga percaya bahwa dengan memanaskannya akan membuat performa mesin lebih baik atau siap digunakan ketika ingin berkendara. Tapi, benarkah harus dipanaskan secara rutin tiap hari?. Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan di bawah ini:

Terungkap bahwa sebenarnya kegiatan memanaskan mobil tidak harus dilakukan. Apalagi, sampai dijadikan rutinitas harian. Terlebih, untuk mobil-mobil saat ini, yang mayoritas sudah didesain mutakhir, sehingga bisa langsung menyesuaikan dengan berbagai macam suhu.

Mesin-mesin mobil yang sudah mengadopsi pengabutan injeksi, sistem komputernya bisa menyesuaikan secara otomatis. Alhasil, memanaskan mesin mobil hingga siap digunakan tidak lagi butuh waktu lama.

Baca Juga: Waspada! Begini Cara Tepat Panaskan Mobil

Ketika suhu di luar sedang dingin, oli mesin akan menyusut secara volume. Namun, itu akan terjadi jika mobil tidak dipakai dalam waktu lama. Jadi, jika kendaraan digunakan setiap hari, tidak perlu memanaskan mesinnya hingga lebih dari lima menit.

Memanaskan mesin terlalu lama juga berisiko menimbulkan emisi gas buang berlebihan, jika hal itu dilakukan di ruang tertutup. Pastikan melakukannya dengan dukungan sirkulasi udara yang cukup.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.