oleh

Jangan Panik Bunda, Ini 5 Tips Mudah Tenangkan Bayi yang Menangis

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti merasa tidak tega saat melihat buah hatinya menangis. Apalagi jika tangisan si kecil tidak kunjung reda, seorang ibu bisa ikutan panik tidak karuan. Sehingga, berbagai teknik mereka lakukan untuk membuat bayi kembali tenang dan reda tangisannya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada sejumlah cara sederhana dan efektif yang bisa dicoba untuk meredakan tangisan si kecil. Cara ini pun bisa Anda pilih yang sekiranya paling mudah dilakukan dan cocok untuk sang buah hati Anda.

Loading...

Berikut lima cara menenangkan bayi yang menangis:

Dibedong atau Diselimuti
Bayi selalu menyukai perasaan aman dan nyaman seperti saat masih berada di dalam kandungan. Dengan membedongnya atau menyelimutinya, bayi akan merasa terlindungi.

Tapi jangan terlalu kencang membedongnya, cukup sampai pada batasan dia merasa nyaman. Lalu gendong sambil ayun-ayunkan lembut.

Ayun-Ayunkan Tubuhnya
Saat menangis, bayi butuh rasa nyaman untuk kembali tenang. Coba ayun-ayunkan tubuhnya perlahan di ruang terbuka atau tempat dengan angin yang semilir sejuk. Bisa juga dengan sambil menyanyikannya sebuah lagu lembut. Saat sudah merasa lebih nyaman, si kecil akan lebih tenang.

Ajak Jalan-Jalan ke Luar
Udara segar juga bisa membuat bayi berhenti menangis. Sebagian besar bayi akan langsung berhenti menangis begitu mendapat udara segar.

Ada baiknya memang untuk mengajak bayi jalan-jalan ke luar rumah secara rutin. Hal ini agar si kecil bisa mendapat udara segar sekaligus membuatnya lebih sehat.

Bawa ke Ruangan yang Gelap
Suara bising, paparan cahaya yang berlebihan, dan bau-bauan bisa membuat bayi menangis dan rewel. Kalau seperti ini kasusnya, coba bawa ia ke ruangan yang gelap. Dengan begitu, si kecil bisa merasa lebih terlindungi, terbebas dari semua hal yang mengganggunya.

Dengarkan White Noise
Apa itu white noise?. White noise merupakan kombinasi berbagai suara dari berbagai frekuensi. Saat masih berada di dalam rahim, bayi dikelilingi oleh cairan ketuban. Suara-suara yang ada di luar rahim itu terdengar mirip dengan white noise.

Cara paling mudah untuk membuat white noise adalah dengan mengeluarkan suara “shushing” di telinga bayi. Suara mesin seperti mesin vacuum cleaner atau hair dryer juga bisa digunakan untuk menciptakan white noise. (vemale.com/Salimah)