oleh

Jangan Panik, Lakukan Ini Jika Mobil Tiba-Tiba Terbakar

PortalMadura.Com – Perstiwa mobil terbakar sering kali terjadi, banyak sekali faktor yang menyebabkan mobil terbakar salah satunya ada korsleting. Anda harus mengenali tanda-tanda mobil terbakar.

Dilansir dari lamar Oto.detik.com, Rabu (3/6/2020) tanda mobil akan terbakar biasanya ditandai dengan seringnya ada nyala api yang tercetus dan tidak mudah dilihat hanya dari luar, misal di bagian bawah kap mesin.

Tanda selanjutnya bisanya, bahan bakar mengalami penurunan secara cepat, suara aneh dari knalpot seperti suara ledakan, kabin berbau hangus, ada tercium bau karet atau plastik terbakar, atau terlihat keluar asap dari bagian yang tidak wajar.

Jika Anda melihat tanda ini saat mengendarai mobil dijalan, sebaiknya berhenti untuk melakukan pengecekan pada bagian mobil Anda. Sikap tenang dan jangan panik agar Anda tetap bisa berhati-hati menghadapi situasi ini.

Apabila Anda berada di tol untuk menepikan mobil dengan menyalakan lampu hazard. Seluruh pengendara dan penumpang untuk segera keluar dari dalam mobil. Usahakan tidak fokus untuk membawa barang-barang yang ada di dalam mobi, utamakan keselamatan Anda dan penumpang.

Penumpang anak-anak, lansia, difabel dan ibu hamil bantu mereka untuk keluar dari mobil dan minta untuk jangan panik. Setelah semua keluar dari mobil untuk segera menutup pintu mobil untuk mengurangi penyebaran api.

Jika di dalam mobil tersedia Alat Pemadam Api Ringan (APAR) langsun padamkan api. Jika tidak membawa APAR untuk segera menghubungi pemadam kebakaran dan jangan lupa untuk memberi tanda peringatan pada pejalan kaki dan kendaraan lain agar menjauh dari zona bahaya ini.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : oto.detik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar