Jangan Panik Pengendara, Ikuti Tips Aman Ini saat Terjadi Gempa Bumi

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Panik Pengendara, Ikuti Tips Aman Ini saat Terjadi Gempa Bumi
ilustrasi (drivingtests.co.nz)

PortalMadura.Com – Peristiwa alam seperti memang tidak bisa diduga kapan akan terjadi dan berhentinya. Manusia hanya dituntut untuk berhati-hati dan waspada apabila kejadian tersebut menimpa di sekitarnya.

Perasaan takut dan khawatir pastinya ada, tidak terkecuali yang ada di dalam gedung atau di luar ruangan seperti orang yang berkendara. Nah, bagi Anda yang sedang melintas di jalanan, alangkah baiknya mengikuti saran di bawah ini untuk tetap menjaga keselamatan.

“Berhenti sejenak sampai gempa berhenti, lihat kanan kiri, ada enggak pohon besar, ada enggak baliho. Kemudian antisipasi, khawatir ada pohon, bangunan atau baliho yang roboh, segera hindari,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Serang Kota, AKP Ali Nurahman.

Ia mencontohkan, gempa yang melanda Kabupaten Lebak, Banten, hingga kini setidaknya telah terjadi 53 kali gempa susulan. Karenanya, pengendara juga harus tetap menjaga jarak aman berkendara.

Jika berada di jalan protokol perkotaan, maka kecepatan maksimum kendaraan hanya 60 kilometer per jam saja. Sedangkan jika berada di dalam jalan tol, pertahankan kecepatan antara 80-100 km per jam.

“Termasuk jaga jarak aman. Pakai sabuk pengaman dan jaga jarak aman, itu pasti aman. Untuk menghindari tubrukan,” jelasnya.

Terpenting dari semua itu, masyarakat diwajibkan mematuhi semua peraturan lalu lintas. Seperti mengenakan sabuk pengaman dan helm bagi pengendara roda dua.

“Yang jelas dalam berkendara, tetap patuhi aturan lalu lintas. Itu sederhana, tapi banyak keuntungannya,” tuturnya. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.