Jangan Risau! Anda Perlu Sabar Menanti Jodoh, Ini Hadisnya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Risau! Anda Perlu Sabar Menanti Jodoh, Ini Hadisnya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menikah merupakan sunah Rasulullah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Anjuran ini bukanlah permainan yang bisa dengan mudah dilakukan dan dengan mudah pula diakhiri. Tidak heran, setiap muslim dan muslimah mengharapkan pernikahan yang barokah, sakinah, mawaddah wa rahmah, sehingga tidak bisa sembarangan saja dalam mencari pasangan hidup.

Sebagaimana dalam sebuah yang menentukan pada Anda cara menentukan pasangan hidup terbaik, yaitu: “Dicerikan Musadad, diceritakan Yahya dari ‘abdulloh berkata bercerita kepadaku Sa'id Ibn Abi Sa'id dari Abi Hurairah r.a, bahwasanya Rasulullah bersabda, wanita dinikahi karena empat perkara. Pertama hartanya, kedua kedudukan statusnya, ketiga karena kecantikannya dan keempat karena agamanya. Maka carilah wanita yang beragama (Islam) engkau akan beruntung” (HR. Bukhari).

Namun, bukankah banyak pria yang tidak tahan dengan godaan wanita cantik?. Hanya semata-mata melihat kecantikannya, tidak mempedulikan akhlak dan pemahaman agama si wanita, kemudian dinikahinya. Buntutnya, berakhir penyesalan karena betapa banyak wanita cantik yang ternyata tidak bisa menghargai suaminya, tidak bisa menjaga kesucian pernikahannya, naudzubillah min dzalik.

Begitu juga dengan para gadis yang tidak tahan dengan godaan lelaki mapan. Akhirnya tanpa peduli kadar keimanan, salat atau tidak, akhlak baik atau tidak, menerima pinangan laki-laki yang agamanya sembarangan. Biasanya pernikahan seperti ini hanya tampak bahagia dari luar saja, dalamnya akan penuh kehampaan.

Maka dari itu bagi Anda yang masih belum memiliki pasangan, bersabarlah dalam menemukan jodoh yang tepat untuk masa depan dunia akhirat Anda. Selain itu, pasangan yang akan menjadi ibu dan ayah untuk anak-anak Anda kelak. Ikutilah hadis petunjuk Rasulullah itu niscaya Anda akan beruntung.

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah bersabda: “Apabila datang kepada kalian siapa yang kalian ridai akhlak dan agamanya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak kalian lakukan, niscaya akan menjadi fitnah dan muka bumi serta kerusakan yang luas” (HR. Al-Hakim sanadnya sahih).

Nah untuk para lelaki, Anda perlu mempersiapkan mahar terbaik untuk calon istrinya. Jangan mentang-mentang merasa saleh dan berilmu, hafal Alquran banyak, kemudian tidak peduli masalah mahar dan nafkah untuk istri.

Rasulullah bersabda: “Dari Sahl bin Sa'ad r.a, bahwa ada seorang wanita menawarkan dirinya kepada Rasulullah, kemudian seorang laki-laki berkata kepada Nabi: Wahai Rasulullah nikahkan ia dengan ku, Beliau bersabda: Apa yang kau punya (untuk mahar)? dia berkata: Aku tidak punya apa-apa, Beliau bersabda: Pergi dan carilah sesuatu meski hanya berupa cincin dari besi, maka laki-laki itu pergi kemudian kembali lagi lalu berkata: Demi Allah aku tidak menemukan apa-apa tidak pula cincin dari besi, aku hanya punya sarung ini kuberikan separuh untuknya (sebagai mahar), Sahal berkata: Ia tidak punya pakaian lagi, Nabi bersabda: Apa yang kamu perbuat dengan sarungmu itu sedangkan kalau kamu memakainya dia tidak kebagian apa-apa darinya dan kalau dia memakainya kamu tidak kebagian apa-apa darinya, kemudian laki-laki itu pun duduk, hingga karena begitu lamanya ia berdiri (untuk pergi), lalu Nabi melihatnya dan memanggilnya atau dipanggilkan untuknya, lalu Beliau bersabda: Apa yang ada padamu dari (hafalan) Alquran?, ia berkata: Aku hafal surat ini dan surat ini, dia menyebutkan surat-surat yang dihafalnya, maka Rasulullah bersabda: Aku serahkan wanita itu dengan (mahar) apa yang kamu hafal dari Alquran” (HR. Bukhari).

Berdasarkan hadis di atas, bahwa Rasulullah menanyakan terlebih dahulu harta apa yang dimiliki, bahkan Rasulullah menyuruh mencari terlebih dahulu sekalipun hanya berupa cincin dari besi. Ini artinya, para lelaki yang ingin menikah harus mempersiapkan mahar berupa barang berharga untuk diberikan pada calon istrinya.

Wahai umat muslim, bersabarlah yang terbaik dari Allah, jangan terpesona dengan para pezina ataupun kaum musyrikin sekalipun kebagusan rupa dan harta mereka menarik hati Anda. Sesungguhnya seseorang yang ingin menikah untuk menjaga kesucian dirinya paling berhak mendapatkan pertolongan Allah.

“Ada tiga golongan manusia yang berhak Allah tolong mereka, yaitu seorang mujahid fi sabilillah, seorang hamba yang menebus dirinya supaya merdeka dan seorang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya” (HR. Ahmad 2: 251, Nasaiy, Tirmidzi, Ibnu Majah hadits no. 2518, dan Hakim 2: 160). Wallahu A'lam. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.