Jangan Salah, Ini Penggunaan Masker yang Tepat

Avatar of PortalMadura.Com
Jangan Salah, Ini Penggunaan Masker yang Tepat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Perawatan kulit yang maksimal memang mendapatkan kulit yang sehat. Ada beberapa tahapan skin care untuk memaksimalkannya, mulai dari cleansing, toning, moisturizing, hingga exfoliating. Selain tahapan tersebut, ada lagi satu produk skin care yang perlu Anda selipkan ke dalam rutinitas perawatan kulit, yaitu .

Dengan menggunakan masker secara rutin, Anda pun akan terbebas dari berbagai permasalahan kulit. Namun, meski tergolong memiliki banyak manfaat, Anda tetap perlu meperhatikan aturan penggunaan masker karena ternyata, tidak semua jenis masker bisa digunakan setiap hari. Kalau begitu, langsung cek informasi lengkapnya saja yuk!

Sheet Mask
Sheet mask merupakan salah satu jenis masker yang banyak digemari beauty enthusiast karena tergolong praktis dan mudah digunakan. Umumnya, sheet mask terbuat dari material microfibers yang direndam dalam serum atau hydrogel yang terbuat dari serum. Masker ini tergolong ringan bagi kulit, sehingga kamu dapat menggunakannya setiap hari.

Meski demikian, rata-rata pemakaian sheet mask hanya dianjurkan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Satu hal yang perlu Anda ingat dalam penggunaan sheet mask adalah memerhatikan anjuran serta cara pemakaiannya.

Gunakan produk sesuai waktu yang dianjurkan. Jangan sampai Anda mendiamkan sheet mask di hingga mengering karena hal ini justru akan mengakibatkan kulit semakin kering.

Clay Mask
Sesuai dengan namanya, clay mask merupakan jenis masker yang memiliki bahan dasar clay. Jenis masker ini biasanya digunakan untuk membersihkan, menyerap minyak berlebih, serta menutrisi kulit.

Sayangnya, banyak yang menyangka bahwa clay mask dapat mengiritasi kulit jika digunakan lebih dari dua kali dalam seminggu. Padahal, ini tergantung dari cara Anda mengenakannya. Anda bisa menggunakan clay mask sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mencegah terjadinya breakout. Namun, apabila kulit wajah sedang bermasalah, Anda bisa menggunakan jenis masker ini setiap hari.

Jika normalnya clay mask membutuhkan waktu 15-20 menit untuk mengering, kali ini Anda cukup menggunakan clay mask selama 5-10 menit agar kulit tetap ternutrisi tanpa menimbulkan kekeringan.

Peel-off Mask
Peel-off mask juga menjadi favorit banyak wanita karena seru untuk digunakan, serta membuat kulit wajah terasa lebih kencang dan bersih. Kotoran, debu, minyak, dan sel kulit mati pada permukaan kulit dapat terangkat dengan baik menggunakan masker ini.
Namun, jika digunakan terlalu sering, peel-off mask dapat membuat wajah jadi semakin kering serta membuat kulit semakin tipis. Untuk peel-off mask yang berfungsi mengangkat blackheads, penggunaannya bisa Anda batasi hingga 2-3 kali dalam satu bulan.

Sleeping Mask
Sleeping mask merupakan tahapan terakhir dari rutinitas skin care malam hari yang bermanfaat untuk menutrisi kulit sewaktu tidur. Berbeda dengan night cream, masker ini memiliki lebih banyak kandungan aktif dan anti-oksidan yang dapat melembapkan, serta membuat kulit lebih berseri di pagi hari.

Meskipun kaya akan manfaat, penggunaan sleeping mask sebaiknya tetap dibatasi. Dalam satu minggu, Anda cukup menggunakan jenis masker ini sebanyak 2-3 kali saja. Penggunaan sleeping mask yang terlalu sering akan membuat kulit menjadi kebal dan mengurangi keampuhan produk.(Vemale.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.