oleh

Jangan Salah, Ini Perbedaan Helm Open Face dan Half Face

PortalMadura.Com – Helm merupkan suatu hal yang tak boleh dilupakan ketikan akan berkendara sepeda motor.

Selain untuk mematuhi peraturan lalu lintas, helm juga berfungsi sebagai pelindung kepala agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Seperti yang diketahui, ada dua jenis helm yang sering digunakan yakni helm tertutup dan helm terbuka.

Kedua helm tersebut sering disebut dengan full face dan open face atau half face.

Namun tahukah Anda ternyata pengertian helm open face dan half face tidak sama. Penasaran ? Yuk intip penjelasannya seperti yang dikutip dari kompas.com.

Seorang Dr.DR Helmet and Apparel Specialist dari DeRide sekaligus distributor resmi helm Nolan dan X-Lite di Indonesia, Irwan Bachroem mengatakan, banyak orang keliru mengatakan helm half face sebagai helm open face.

Sebenarnya helm half face adalah helm yang hanya menutupi bagian tempurung atas kepala, kurang lebih bentuknya seperti helm proyek (cetok).

Sedangkan helm open face, bagian batoknya menutupi seluruh bagian kepala hingga leher dan hanya bagian muka dan dagu yang terbuka.

“Jadi sebetulnya helm yang banyak beredar di Indonesia dengan standar SNI ialah helm open face bukan helm half face. Sebab batoknya masih menutupi telinga dan seluruh bagian belakang kepala,” katanya.

Baca Juga : 4 Jenis Helm yang Aman Saat Berkendara

Sementara, anggota komunitas pegiat helm, Belajar Helm, Ahmad M, mengatakan, jenis helm open face sendiri juga bermacam-macam tergantung kebutuhan.

“Ada yang pakai visor atau goggle (kacamata) dan ada yang tidak pakai. Ada juga tipe open face yang pakai pet berbagai jenis, bahkan ada yang petnya menyertai visor kecil,” kata Ahmad.

Itulah perbedaan helm tertutup yang disebut full face dengan helm terbuka atau half face. Semoga Bermanfaat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar