Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Simpan Ban Mobil Supaya Awet

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Simpan Ban Mobil Supaya Awet
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain mesin, ban juga merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting pada kendaraan. Tanpa ban, tentu sebuah kendaraan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, keberadaan ban harus benar-benar diperhatikan demi kenyamanan dalam berkendara. Apalagi, ban berfungsi untuk menyeimbangkan kendaraan saat berada di atas permukaan tanah yang bergelombang. Untuk itu, ada baiknya Anda menjaga keawetan ban mobil milik Anda dengan cara menyimpannya secara benar.

Sebab, menaruh ban secara sembarangan, maka besar kemungkinan akan merusak fungsi ban itu sendiri.

Dilansir PortalMadura.Com, Kamis (5/3/2020), dari laman Detik.com, seperti yang dikatakan Manager Training PT Sumi Rubber (Agen Pemegang Merek Dunlop di Indonesia-Red), Bambang Hermanu. “Ada cara yang benar untuk menyimpan ban. Seperti saat ban disimpan dengan kondisi ban sudah terpasang di pelek dan tidak, itu berbeda caranya,” ujarnya.

Bambang menjelaskan perbedaan mendasar keduanya ada adalah pada posisi ban. “Kalau ban sudah di dalam pelek, saat ingin menyimpan ban posisi ban harus ditidurkan. Karena pelek punya berat, kalau ban didirikan maka berat pelek ini akan bertemu dengan titik tanah, sehingga ban akan terbebani oleh pelek dan membuat ban jadi rata,” jelasnya.

“Kalau ban menjadi rata dan tidak bulat lagi, ban ini kalau dipakai tidak akan nyaman lagi. Dan jika harus ban yang sudah menggunakan pelek itu ditumpuk, tumpukan maksimal 4-5 tumpukan saja,” tambahnya.

Lantas, bagaimana dengan posisi menyimpan ban tanpa pelek?.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Hemat Bahan Bakar Mobil

“Untuk ban yang akan disimpan tanpa pelek, pastikan ban harus berdiri. Ban ini jangan disimpan dengan cara menumpuknya, kalau ditumpuk yang bawah akan gepeng. Kalau gepeng, saat ban ini ingin digunakan dan menggunakan pelek, angin akan keluar terus dari celah-celah pelek,” pungkas Bambang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.