Jangan Sembarangan, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mau Ganti Setir Racing

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Sembarangan, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mau Ganti Setir Racing
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi pecinta otomotif terutama bagi mereka penyuka modifikasi berbau balap, tentu tidak hanya sebatas bodi luar, kabin atau sistem hiburan yang mereka perhatikan. Namun, modifikasi juga bisa dilakukan pada bagian lingkar kemudi atau setir.

Apalagi, perubahan lingkar kemudi dipercaya untuk memberikan tampilan agar beraura balap atau racing. Akan tetapi, dalam memilih setir mobil racing juga tidak bisa asal-asalan, ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Selain itu perlu dicatat, setir racing banyak dipasaran, dengan beraneka ragam mulai dari lapis kulit, hingga model Formula 1. Tetu saja, beragam produk setir racing ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk memilih setir racing, berikut ini lima hal yang perlu diperhatikan:

Pertama, sebaiknya memilih ukuran setir yang tidak terlalu jauh dari setir standar bawaan pabrikan. Sebab, setir racing diketahui berdiameter 12.6 – 13.8 inci. Sementara setir standar, biasanya berdiameter 14-15 inci.

Diameter lingkar kemudi ini berpengaruh pada radius putar lebih cepat dari ukuran standar. Sedangkan jika terlalu kecil bisa membuat berat kemudi, sehingga susah memutarnya.

Kedua, pilih bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak licin. Seperti diketahui, bahan setir biasanya terbuat dari kayu, kulit imitasi, kulit asli, dan suede.

Ketiga, perhatikan penggunaan setir model celong dan setir model rata, karena keduanya mempunyai respon yang berbeda.

Perlu diingat, rasio lingkar kemudi dan efek putar roda yang tidak seimbang bisa jadi membahayakan. Maka dari itu, pertimbangkan untuk selalu memakai ukuran yang tidak jauh dari standar.

Keempat, untuk model yang bergaya balap biasanya menggunakan palang dua atau tiga. Bila Anda ingin tampil elegan, gunakan palang empat.

Kelima, gunakan lingkar kemudi dengan fitur keamanan air bag. Pasalnya, beberapa pabrikan sudah membekali air bag pada setir standar mobil. Jika Anda menggantinya dengan setir racing, tentu akan menghilangkan system keamanan tersebut. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.