oleh

Jangan Sepelekan, 4 Sikap Ini yang Bisa Hancurkan Keharmonisan Hubungan

PortalMadura.Com – Ketika menjalin sebuah hubungan, pastinya kita ingin hubungan tersebut berjalan lancar dan bertahan lama. Namun, ada beberapa sikap yang bisa bikin hubungan rusak, lho. Memang ada beberapa sikap yang sebaiknya kita hindari agar tidak menghancurkan keharmonisan hubungan. Sikap negatif ini akan berdampak pada hubungan yang sudah dibangun bertahun-tahun.

Untuk bisa mempertahankan keharmonisan pun kita harus benar mengusahakannya. Salah satunya dengan menjaga dan mengendalikan sikap. Ada beberapa sikap yang sebaiknya kita hindari agar tidak menghancurkan keharmonisan hubungan. Sebab kalau sikap kita terlalu negatif, hubungan yang sudah dibangun bertahun-tahun bisa hancur dalam waktu singkat. Seperti empat sikap ini yang sebaiknya jangan sampai berlebihan demi mempertahankan sebuah hubungan.

Kritik Berlebihan
Hal yang normal dan lumrah bila kita komplain atau mengeluhkan sesuatu yang ada pada diri pasangan. Kritik pun kadang dibutuhkan. Kata-kata negatif yang dilontarkan dalam kritik malah akan saling menyakiti satu sama lain. Tapi kalau kritik terlalu berlebihan, yang terjadi malah membuat hubungan jadi tak nyaman.

Merasa Selalu Paling Benar
Kalau memang kita yang salah, jangan merasa gengsi untuk minta maaf. Jika sebuah masalah terjadi karena kesalahan yang kita lakukan, maka kita perlu bertanggung jawab. Jangan sampai selalu merasa benar. Karena hal itu malah bisa jadi penghalang dan tembok tebal yang membuat hubungan jadi terasa kaku.

Ngambek Terlalu Lama
Siapa nih yang sering ngambek kalau lagi kesal atau ada masalah? Ya nggak apa-apa sih kalau menunjukkan kekesalan atau rasa jengkel dengan ngambek. Tapi jangan kelamaan juga. Karena nanti malah menimbulkan “perang dingin” yang membuat komunikasi makin sulit dilakukan dengan baik. Saling diam dan mengabaikan hanya akan menyakiti diri kita sendiri.

Menghina
Sungguh sangat menyakitkan jika orang yang menghina kita adalah orang yang paling dekat dan kita cinta. Sikap sinis, kasar, dan menghina bisa membuat cinta dalam hubungan luntur. Hanya menyisakan perasaan sakit hati yang tak akan pernah sembuh. Parahnya lagi, lama kelamaan bisa menimbulkan dendam dalam diri yang hanya akan menambah luka.

Kita perlu menjaga sikap dan perilaku kita dalam menjalin sebuah hubungan. Bila memang punya komitmen untuk menjalin hubungan yang langgeng dan bahagia selamanya, jangan sampai kita berlebihan saat melakukan sikap-sikap negatif.(fimela.com/Nurul)


Tirto.ID
Loading...

Komentar