Jangan Sepelekan, Ini Dampak Buruk Baca Buku Sambil Tiduran

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Sepelekan, Ini Dampak Buruk Baca Buku Sambil Tiduran
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda dimarahi oleh orang tua Anda saat membaca sambil tiduran sebab dapat merusak mata? Hal tersebut bukan tanpa sebab, setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Dan larangan tersebut ada benarnya lho. Meski memang secara tidak langsung membahayakan, membaca sambil tidur-tiduran ternyata ada efek sampingnya. Penasaran? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Pada saat kita berbaring telentang sambil membaca buku, mata kita akan tertuju pada sudut yang tidak biasa. Para dokter mata menyarankan agar memegang buku atau bahan bacaan kita pada sudut 60 derajat dari mata kita. Nah, sudut terbaik tersebut tidak akan bisa dicapai jika kita membaca sambil berbaring.

Selain itu, Anda juga cenderung membaca dalam jarak yang sangat dekat ketika berbaring, padahal seharusnya jarak tersebut berkisar 15 inci dari mata kita. Oleh karena itu, untuk mendapatkan jarak dan sudut yang ideal, Anda tidak bisa membaca sambil berbaring. Ketika melakukannya, Anda harus mengorbankan jarak atau sudut pandang yang ideal, entah itu membaca lebih dekat atau tidak peduli dengan sudut mata kita.

Akibat Membaca Sambil Berbaring
Bila Anda memegang bahan bacaan dengan posisi yang tidak nyaman, hal tersebut dapat menegangkan otot di sekitar mata kita, sehingga bisa menyebabkan rasa sakit. Nah, rasa sakit itu disebut astenopia.

Kemungkinan besar kondisi ini tidak akan berdampak permanen terhadap mata kita, tetapi perlu diingat bahwa membaca sambil tiduran juga akan menyebabkan gejala-gejala yang membuat tidak nyaman, berikut gejalanya.

Mata terasa tidak nyaman atau sakit

Penglihatan kabur atau ganda

Sakit kepala atau pusing

Sensitif terhadap cahaya

Mata kering atau berair

Leher sakit

Jika gejala-gejala ini muncul setelah kalian sering membaca sambil berbaring,
segera konsultasikan kepada dokter.

Baca Juga: Panwascam Waru Dipukul Oknum Caleg, Ini Keterangan Bawaslu Pamekasan

Cara Menurunkan Risiko Astenopia
Meski banyak dampak buruk yang muncul untuk mata, hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi Anda yang senang membaca sambil tiduran. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk menunjang kebiasaan tersebut.

Ganti posisi Anda ketika membaca sambil berbaring, berikan bantalan atau apapun yang dapat menjadi penyokong untuk membaca dalam sudut yang lebih natural

Usahakan untuk tidak membaca yang dengan penerangan yang dapat menyilaukan mata Anda atau penerangan redup .

Batasi waktu membaca, jika Anda betah berjam-jam membaca sambil tiduran, maka gejala-gejala yang telah disebutkan dapat terus muncul.

Konsultasikan ke dokter apabila kondisi mata sudah tidak nyaman untuk membaca.

Cara Mengobati Sakit Mata Akibat Berbaring Sambil Membaca.
Apabila memang posisi ternyaman Anda ketika membaca dan lebih mudah untuk mengerti adalah dengan berbaring, seharusnya Anda sudah siap untuk menghadapi gejala-gejala yang akan membuat Anda tidak nyaman. Nah, maka dari itu jika gejala tersebut terus menghantui Anda, berikut cara untuk mengobati sakit mata akibat berbaring sambil membaca.

Usahakan untuk mendapatkan durasi tidur selama 8 jam. Hal tersebut dapat membantu memulihkan kelelahan pada mata Anda.

Makan makanan yang baik untuk kesehatan mata, seperti ikan dengan omega-3 yang tinggi atau semangka kuning.

Setelah membaca selama berjam-jam, cobalah untuk menutup mata Anda sebentar karena akan mengistirahatkat ketegangan otot mata.

Sekarang Anda sudah tahu bukan bahwa membaca sambil tiduran itu ternyata lebih banyak dampak negatifnya daripada kebaikannya. Oleh karena itu, usahakan untuk membaca sambil duduk karena baik untuk kesehatan mata kita.

Demikian mengenai dampak buruk dari membaca sambil tiduran. Semoga bermnfaat

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.