Jangan Sering Konsumsi Mi Instan Saat Puasa, Ini Alasannya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Sering Konsumsi Mi Instan Saat Puasa, Ini Alasannya
Ilustrasi (guide.id)

PortalMadura.Com – Menu yang sederhana dan mudah dibuat biasanya menjadi andalan seseorang untuk dijadikan santapan sahur. Salah satu makanan itu adalah .

Selain harganya yang relatif murah, proses membuatnya memang sangatlah mudah. Sebenarnya tidak jadi masalah jika mengonsumsi makanan tersebut di bulan puasa. Tapi, jangan terlalu keseringan. Karena, ada efek samping yang tentu tidak baik bagi kesehatan.

Sebagaimana spesialis gizi klinis, dr Diana F Suganda mengatakan, yang namanya makanan cepat saji seperti halnya mi instan, ada efek samping yang bisa langsung dirasakan oleh tubuh. Terlebih saat Ramadan, kondisi perut tanpa isi selama lebih dari 10 jam.

“Makanan instan itu sudah pasti diproses. Yang jelas, pengawetnya lebih tinggi dan garamnya juga tinggi,” kata Diana.

Menurut Diana, garam memiliki sifat menarik cairan (deuretik). Yang membuat si penikmat mi instan di saat sahur bisa haus seharian, “Semakin haus, semakin dehidrasi pula,” jelasnya.

Diana mengimbau, supaya yang berpuasa bisa mengurangi konsumsi garam di pagi hari. Sama halnya dengan pengawet yang bisa membuat tubuh bekerja lebih keras di siang hari.

Baca Juga : Jangan Sahur dan Berbuka dengan Mi Instan, Ini Alasannya

Oleh karena itu, dia mengimbau agar Anda menghindari makanan tersebut bersama dengan makanan bersantan dan gorengan ketika sahur. Pasalnya makanan ini bisa membuat Anda menjadi haus selama seharian menjalani puasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.