Jelang Akhir Tahun, Ini 3 Cara Aman Berbelanja Online

  • Bagikan
Jelang Akhir Tahun, Ini 3 Cara Aman Berbelanja Online
Ilustrasi (Tribun)

PortalMadura.Com – Belanja online sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Hal ini ditambah ketika pandemi covid-19 menyerang, khususnya di Indonesia. Mau tidak mau berbelanja online harus dilakukan untuk melindungi diri.

Selain pandemi, berbelanja online akan meningkat menjelang akhir tahun. Karena banyaknya penawaran yang menggiurkan konsumen yang ditawarkan di berbagai platform media sosial. Oleh karena itu, Anda harus bisa berbelanja secara cerdas dan aman.

Ada beberapa cara berbelanja online yang aman jelang musim liburan. Lantas, bagaiamana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Kaspersky, berikut ini penjelasannya:

Pakai Kartu Kredit

Ini bukan berarti kartu kredit lebih aman daripada kartu debit. Namun, itu akan lebih mudah diselesaikan jika terdapat transaksi berbahaya yang melibatkan kartu kredit Anda.

Bank memiliki skema asuransidan masa tenggang yang memungkinkan pengguna untuk memperingatkan mereka apabila menemukan transaksi yang mencurigakan.

Karena itu, pastikan untuk mengawasi saldo kartu, daftar transaksi terbaru dan mengaktifkan notifikasi transaksi.

Pakai Saldo Minimum untuk Belanja Online

Sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit dengan limit rendah, atau sesuaikan dengan pola pengeluaran.

Ini untuk memastikan apabila para pelaku kejahatan siber mendapatkan akses menuju kartu, mereka hanya dapat menggunakannya dalam jumlah terbatas (paling rendah).

Menjaga Keamanan Detail Kartu

Meskipun lebih mudah menyimpan detail kartu di platform e-commerce, berbagai insiden pelanggaran data yang terjadi seharusnya menjadi peringatan keras untuk menjaga data keuangan dengan lebih aman dan bertanggung jawab.

Semakin banyak data yang dibagikan dan disimpan secara online, maka akan semakin tinggi pula risiko keamanan yang Anda tanggung.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.