Jelang Hari Raya Kurban, Hewan Ternak Diperiksa Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Jelang Hari Raya Kurban, Hewan Ternak Diperiksa Kesehatan
Ist.Net

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur memeriksa kesehatan hewan ternak di sejumlah pasar tradisional menjelang hari raya Idul Adha, Kamis (3/9/2015).

Kepala Dinas Peternakan Pamekasan, Bambang Prayogi mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan ternak itu dalam rangka mengantisipasi adanya sapi yang tidak layak dijual khusus kurban. Baik karena cacingan atau faktor lainnnya.

“Kita periksa dulu, kalau memang ada ternak yang sakit atau cacingan kita beri obat jika sifatnya ringan,” katanya saat ditemui di Pasar 17 Agustus Bugih Pamekasan.

Bambang tidak mengelak adanya permainan oknum yang tidak bertanggungjawab dalam manipulasi hewan ternak, utamanya sapi yang menjadi hewan kurban. Salah satunya dengan cara ‘dicontang' agar sapi dimaksud kelihatan gemuk.

“Padahal semacam itu kan tidak boleh, makanya kita turun ke lapangan dengan harapan masyarakat yang menjual atau membeli ternak berhati-hati,” ungkapnya.

Usai memeriksa hewan ternak di pasar 17 Agustus Bugih Pamekasan, dilanjutkan dengan memeriksa kesehatan sapi di pasar Keppo. Dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemui adanya sapi yang bermasalah. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.