Jelang Idul Adha, DKPP Sumenep Mulai Periksa Hewan Kurban

Avatar of PortalMadura.com
Jelang Idul Adha, DKPP Sumenep Mulai Periksa Hewan Kurban
Petugas Kesehatan Hewan DKPP Sumenep Memeriksa Hewan Kurban (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Menjelang lebaran Idul Adha 1438 Hijriyah, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memeriksa kesehatan yang dijual masyarakat.

“Pemeriksaan hewan ini kami lakukan untuk memastikan kesehatan hewan tersebut sebelum disembelih dan dikonsumsi masyarakat,” jelas Petugas Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sumenep, Drh. Sulhah, Selasa (22/8/2017).

Ia menyampaikan, pemeriksaan kesehatan hewan ternak merupakan program rutin, namun menjelang Idul Adha kegiatan tersebut ditingkatkan guna memastikan terjaminnya kesehatan hewan yang dijual di sejumlah penyedia hewan kurban.

“Kalau diketahui ada hewan yang terdeteksi mengidap penyakit, maka tim kesehatan hewan akan mengobatinya dengan cepat,” tuturnya.

Ada beberapa titik yang dilakukan pemeriksaan dan pengawasan, diantaranya di sentra penjualan sapi dan kambing, kemudian tempat penjualan hewan kurban dan juga pasar tradisional yang menjual daging.

“Dari hasil pemeriksaan sementara tidak ditemukan adanya hewan ternak yang terkena penyakit, cacat, dan daging ternak yang tidak layak konsumsi. Tapi kami tetap akan melakukan pengawasan hingga lebaran Idul Adha nanti,” janjinya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.