Jelang Idul Adha Rawan Daging Berpenyakit

Avatar of PortalMadura.Com
Jelang Idul Adha Rawan Daging Berpenyakit
dok. Kepala Dinas Perternakan Pamekasan, Bambang Prayogi

PortalMadura.Com, – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meminta masyarakat untuk mewaspadai adanya daging berpenyakit menjelang hari raya Idul Adha 1439 H.

, Bambang Prayogi menyampaikan, pihaknya telah turun ke sejumlah pasar tradisional dan tempat pemotongan hewan untuk mengecek kesehatan , baik sapi atau kambing. Termasuk pula daging yang telah dijual di pasaran.

“Sejauh ini belum ada temuan penyakit itu, tapi bagaimana pun kita kan harus mewaspadai. Karena musim sekarang, terutama hewan-hewan besar rawan karena mutasi ternak sangat mobile sekali,” katanya, Senin (13/8/2018).

Dikatakan, salah satu penyakit hewan yang perlu diwaspadai oleh masyarakat adalah antraks. Dimana, jenis penyakit ini dapat menular kepada manusia yang menyebabkan melepuh di sekujur tubuh. Apalagi, penjual terkadang memberikan sesuatu kepada hewannya agar kelihatan gemuk, padahal sebenarnya tidak sehat.

“Kalau hewan besar adalah penyakit antraks yang bisa menular kepada manusia. Kalau hewannya kena antraks dan dimakan oleh manusia, manusianya juga kena. Termasuk juga penyakit-penyakit yang lain,” tandasnya.

Menurutnya, penyakit antraks apabila menular kepada manusia akan sulit disembuhkan. Oleh karena itu, masyarakat harus mewaspadai apabila hendak membeli hewan kurban atau daging yang dijual di pasaran. (Marzukiy/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.