oleh

Jelang Imlek, Buah Naga Laris Manis

PortalMadura.Com, Pamekasan – Menjelang Hari Raya Imlek dan libur sekolah penjualan buah naga di Pamekasan, Madura, Jawa Timur meningkat dan petani meraup untung besar.

Biasanya hanya dijual Rp13 ribu hingga Rp14 ribu perkilogramnya, sejak beberapa hari harganya sudah mencapai Rp17 ribu perkilogram.

H. Habirudin, salah satu petani dan pedagang buang naga di Pamekasan mengatakan, harga jenis buah naga berbeda-beda. Yaitu buah naga daging merah dan buah naga daging putih.

Saat ini, ada perubahan harga yang siginifkan, biasanya harga buah naga merah lebih mahal dari buah naga putih, namun kini berbalik harga.

“Sekarang yang banyak diminati buah naga putih, sehingga harganya lebih mahal,” katanya, Selasa (27/1/2015).

Menurut Habirudin, harga buah naga putih saat ini mencapai Rp14 ribu sampai Rp15 ribu perkilogram. Harga buah naga merah berkisar Rp12 ribu hingga Rp13 ribu perkilogram dari para petani.

“Sementara harga di pasaran, buah naga putih mencapai Rp17 ribu perkilogram. Karena faktor distribusi buah naga merah dari luar Madura,” jelasnya.

Sementara jumlah permintaan buah naga meningkat, selain karena imlek juga ketika hari-hari besar Maulid Nabi.

“Dan ini memang biasa terjadi ketika menjelang imlek banyak pesanan, sehingga mempengaruhi terhadap harga,” ungkapnya. (reiza/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE