oleh

Jelang Laga Madura FC VS Madura United, Suporter Madura Bersatu Ingatkan Hal Ini

PortalMadura.Com, Sumenep – Laga Piala Indonesia 2018 akan mempertemukan dua klub sepak bola kebanggaan masyarakat Madura, yakni Madura FC dan Madura United FC.

Laga itu akan tersaji apik dari Stadion A Yani, Panglegur, Sumenep, Jatim, Rabu (5/12/2018) sore. Dijadwalkan live di stasiun Jawa Pos TV.

Derby Madura di babak 64 besar Piala Indonesia 2018 tersebut diprediksi akan dibanjiri penonton dari empat kabupaten di Madura dan suporter masing-masing klub.

Sebagai upaya antisipasi timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan antar suporter, Rabu (5/11/2018) siang, para penanggungjawab masing-masing suporter klub menggelar pertemuan bersama, di salah satu rumah makan, di Jl. Jenderal Sudirman, Sumenep

Ketua Suporter Madura Bersatu, Yusuf Ismail menjelaskan, pertandingan Madura FC kontra Madura United mendapat apresiasi sangat tinggi dari pecinta bola di Madura.

“Antusias suporter Madura United dari empat kabupaten di Madura juga sangat tinggi. Kami sudah melakukan komunikasi dengan masing-masing penanggung jawab. Tapi, untuk kepastian jumlah suporter belum tahu,” terang Ucup sapaan akrab Yusuf Ismail.

Pihaknya yakin tidak akan terjadi sesuatu yang diakibatkan ulah suporter saat laga berlangsung. Sebab, laga Madura FC melawan Madura United FC adalah laga persahabatan (Madura, Sataretanan/ Taretan tibi’).

Ucup meminta pada aparat keamanan yang disampaikan melalui pihak panitia agar tidak melakukan tindakan agresif secara langsung pada suporter bila ada hal-hal kecil di lapangan.

“Umumnya, penonton yang menjadi pemicunya. Kalau terjadi sesuatu pada suporter jangan lakukan tindakan agresif, beri kami kesempatan untuk melakukan komunikasi pada mereka. Kami yang bertanggung jawab,” tandas Ucup.

“Kalau penonton, ya kami tidak bertanggung jawab. Kalau penonton membuat ulah, gebukin aja gak papa,” ujarnya.

Baca Juga : Kontra Madura FC, Bek Sayap Madura United FC Tak Bisa Bermain

Baca Juga : Piala Indonesia 2018, Madura FC VS Madura United di Stadion A Yani Sumenep

Baca Juga : Slot AFC Cup 2020 Bagi Juara Piala Indonesia 2018

Namun pihakanya yakin laga Madura FC dengan Madura United akan berlangsung aman dan kondusif. Suporter dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep sudah ada penanggung jawabnya.

Para penanggung jawab tersebut yang bisa melakukan komunikasi dengan suporter. “Para penanggung jawab itulah yang faham betul soal suporter,” katanya.

Ada empat kelompok suporter yang dari Madura United, yakni Pecot Mania Songennep, K-Conk Mania Bangkalan, Taretan Dibi’ Pamekasan, dan Trunojoyo Mania Sampang.

“Mereka itu terkoordinir dengan baik. Makanya, jangan lakukan tindakan agresif agar tidak menimbulkan persoalan yang lebih besar. Ini antisipasi. Tapi, saya tetap yakin, laga akan aman dan kondusif,” pungkasnya.(Hartono)