oleh

Jelang Lebaran, Legislatif Minta Eksekutif Jangan Malas Sidak Pasar

PortalMadura.Com, Pamekasan – DPRD Pamekasan, Madura, Jawa Timur meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pasar menjelang lebaran tahun 2015.

Ketua DPRD Pamekasan, Halili mengatakan, setiap kali menjelang hari raya Idul Fitri, segala kebutuhan pokok di pasaran rawan mengalami lonjakan harga. Selain permintaan pasar meningkat, pedagang kadang kala mengambil keuntungan lebih dibandingkan bulan-bulan biasa.

“Pemerintah dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) seharusnya melakukan sidak pada saat bulan puasa atau menjelang lebaran, apalagi ada indikasi kenaikan harga,” pintanya, Selasa (30/6/2015).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini melanjutkan, sidak atau operasi pasar itu penting dilakukan agar masyarakat tidak merasa dirugikan dengan kondisi harga yang tidak memihak.

“Sidak itu tidak harus selalu formal, karena ketika formal orang pasti tahu. Jadi bagaimana sidak itu yang efektif dengan cara diam-diam. Ketika nanti ada temuan, ya ditindaklanjuti,” tandasnya.

Pemerintah tidak boleh bermalas-malasan dalam melaksanakan tugas yang diembannya. Apalagi, program sidak itu sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten setiap tahun.

“Saya kira teman-teman komisi II yang membidangi masalah perdagangan juga dilibatkan dalam sidak itu. Supaya semuanya tahu kondisi di lapangan seperti apa,” pungkasnya. (Marzukiy/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.