Jemaah Calon Haji Diminta Doakan Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Jemaah Calon Haji Diminta Doakan Sumenep
Pelepasan Jemaah Calon Haji asal Sumenep dari GOR A Yani, Panglegur Sumenep oleh Sekda Kabupaten Sumenep, Edy Rasyadi, Minggu (7/7/2019). (Foto Ifa)

PortalMadura.Com, – Jemaah Calon Haji (JCH) Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang mencapai 747 orang diminta untuk mendoakan kondisi Kabupaten Sumenep.

Mereka yang tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 6 dan 7 telah diberangkatkan dari Stadion A Yani Panglegur Sumenep, Minggu (7/7/2019).

Dengan menggunakan 17 unit bus dan satu cadangan menuju embarkasi Surabaya dan dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah Pemkab Sumenep, Edi Rasyadi.

“Selain mendoakan keluarga, juga kami minta mendoakan Sumenep dan masyarakat agar menjadi daerah yang subur, makmur, adil dan sejahtera,” ujarnya menjelang detik-detik pelepasan JCH Kabupaten Sumenep.

Pihaknya juga mengingatkan agar JCH menjaga kondisi kesehatan agar dapat melaksanakan semua ibadah haji dengan baik selama di tanah suci, mengingat cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di tanah air. Suhunya saat ini diperkirakan mencapai 46-50 derajat celcius.

“Setelah tiba kembali ke tanah air semoga menjadi haji mabrur,” ucapnya.

Yang tidak kalah pentingnya, kata Edy, selama menunaikan ibadah haji hendaknya mampu menjaga emosi, kesabaran dan sikap. Jutaan umat muslim dari berbagai belahan dunia tentunya akan berbeda dalam melaksanakannya.

“Luruskan niat berhaji dan mematuhi semua aturan. Semoga tiba di tanah suci dengan selamat,” katanya.

Ia menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Sumenep menganggarkan dana sekitar Rp 487.700 juta untuk biaya pemberangkatan dan pemulangan jemaah calon haji.

Dana yang bersumber dari APBD itu peruntukannya, di antaranya untuk biaya transportasi, makanan, minuman, honor petugas dan keamanan dari Sumenep menuju Surabaya.

Sementara, salah seorang panitia haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Ibnu Hajar menjelaskan, data jumlah JCH kloter 6 dan 7 sebanyak 752 orang, namun karena 1 orang meninggal dunia dan 4 orang sakit, maka yang berangkat sebanyak 747 orang.

Jadwal penerbangan JCH kloter 6 dan 7 dari Bandara Internasional Juanda Surabaya menuju tanah suci pada hari Senin (8/7/2019).

“Kloter 6 berangkat pada pukul 15.30 WIB. Sedangkan JCH kloter 7 pukul 17.30 WIB,” jelasnya.

Untuk pemulangan kloter 6 dijadwalkan tiba di tanah air pada tanggal 19 Agustus 2019 pukul 10.35 WIB dan kloter 7 pada tanggal 20 Agustus pukul 08.05 WIB.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.