Jemaah Haji, Ini 5 Hal Sepele yang Perlu Anda Persiapkan di Tanah Suci

Avatar of PortalMadura.com
Jemaah Haji, Ini 5 Hal Sepele yang Perlu Anda Persiapkan di Tanah Suci
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ibadah Haji sebentar lagi akan tiba, umat muslim tentu perlu mempersiapkan diri baik dari sisi rohani maupun jasmani, termasuk warga Indonesia.

Saat melakukan perjalanan ke tanah suci, memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini, untuk mempermudah umat muslim melaksanakan ibadah di sana. Lantas, apa sajakah yang perlu dipersiapkan jemaah haji?.

Berikut lima trik yang perlu dipersiapkan agar perjalanan Haji lancar:

Siapkan Salinan Dokumen Penting
Pastikan Anda membawa salinan ekstra dari dokumen penting untuk mengantisipasi dokumen tersebut hilang. Misalnya saja, salinan dokumen bisa dimasukkan ke dalam bagasi sehingga Anda bisa memiliki salinan cadangan jika dokumen hilang.

Tetap Fit
Saat melakukan ibadah Haji, seseorang diharuskan untuk berjalan hingga 20 mil. Oleh karena itu, sebelum berangkat pastikan Anda sudah menjalani rutinitas olahraga secara teratur untuk mempermudah perjalanan Anda.

Kemas Barang Esensial
Banyak barang yang perlu Anda bawa untuk membuat tidur selama di Mina lebih nyaman. Misalnya saja handuk, masker, tas backpack kecil, tisu, sandal, plastik dan Abaya bagi wanita. Disarankan untuk mengemas keperluan dalam tas kecil sehingga Anda dapat beribadah dengan nyaman.

Barang yang Perlu Dibawa
Barang- barang yang Anda bawa ketika menjalankan ibadah sangat penting. Misalnya saja membawa camilan, ekstra pakaian abaya, ihram dan beberapa produk higienis.

Perlu dicatat, ketika tiba di terminal Haji tidak banyak fasilitas yang Anda dapatkan sehingga Anda harus membawa air minuman ekstra, buah-buahan dan camilan. Bantal travel juga bisa dimanfaatkan dengan baik.

Bersabar
Hal ini sangat penting Anda catat, ketika menjalankan Haji ada 2 juta-4 juta orang dari seluruh dunia juga menjalankan ibadah. Anda harus bersabar dan toleransi terutama ketika sesuatu tidak berjalan sesuai harapan. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.