Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Militer AS di Laut Hitam

Avatar of PortalMadura.Com
Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Militer AS di Laut Hitam
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Sebuah terbang mendekati pesawat mata-mata militer Amerika Serikat di wilayah udara internasional Laut Hitam, Senin.

“Pesawat EP-3 Aries milik AS terbang di wilayah udara internasional Laut Hitam dicegat Su-27 Rusia selama dua jam 40 menit,” kata Pentagon lewat pernyataan tertulis, dilansir Anadolu, Selasa (30/1/2018).

“Interaksi ini tergolong tidak aman karena Su-27 terbang sangat dekat, dalam jarak lima kaki (1,52 meter) dan menyeberang langsung melewati jalur penerbangan EP-3, sehingga menyebabkan EP-3 terbang melalui turbulens,” jelas Pentagon.

Dalam pernyataan disebutkan, militer Rusia memang berhak untuk beroperasi di wilayah udara internasional, namun seharusnya tetap mematuhi standar internasional untuk memastikan keselamatan dan mencegah terjadinya insiden.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Senin mengkonfirmasi adanya pencegatan tersebut: “Awak Su-27 melaporkan identifikasi pesawat AS dan mengiringinya agar tidak melanggar wilayah udara Rusia. Su-27 kembali ke markasnya setelah pesawat AS pindah haluan dari perbatasan Rusia.”

Sementara itu, pejabat AS mengklaim bahwa pesawat Angkatan Laut mereka telah beroperasi “sesuai dengan hukum internasional tanpa memprovokasi Rusia”.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.