oleh

JJS Berhadiah, Kelurahan Bangselok Gelorakan Predikat Madya Berseri

PortalMadura.Com, Sumenep – Kelurahan Bangselok, Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Jalan-jalan Sehat (JJS) berhadiah, Minggu (25/8/2019) pagi.

Jalan-jalan sehat gratis ini diikuti oleh seluruh warga Kelurahan Bangselok serta masyarakat sekitar, seperti dari Pamolokan dan Pandian, Kota Sumenep.

Saat ini, Kelurahan Bangselok Kota Sumenep menyandang predikat Madya Berseri tingkat Provinsi Jawa Timur sejak dua tahun terakhir.

Lurah Bangselok, M. Fajar Hidayat, S.IP., MM menjelaskan, JJS merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang sekaligus ingin menggelorakan kampung bersih nan hijau.

“Intinya, kita memancing minat dan partisipasi masyarakat untuk memeriahkan walaupun hadiahnya sederhana yang penting partisipasi masyarakat kompak dan selalu menjaga kebersihan dan tetap hijau,” katanya.

Lurah Bangselok, M. Fajar Hidayat, S.IP., MM. mengikuti JJS (Foto. Nanik Dwi Jayanti/portalmadura.com)

Selama momentum HUT ke 74 RI, Kelurahan Bangselok telah melaksanakan berbagai lomba seperti lari karung, makan kerupuk, lomba joget, karaoke, lomba yel-yel dan lain sebagainya.

Loading...

Sedangkan puncak dari serangkaian kegiatan tersebut akan diselenggarakan malam tasyakuran (malam nanti) dengan pemotongan tumpeng oleh warga Kelurahan Bangselok.

Hal tersebut akan dilakukan seiring dengan predikat yang disandang, yakni sebagai Kelurahan Pratama Tingkat Provinsi Jatim selama dua tahun terakhir.

“Alhamdulillah partisipasi warga luar biasa, terakhir kemarin bulan Juli, kita mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai Kelurahan Madya Berseri,” terangnya.

Tahun 2019 ini, Bangselok juga menjadi kelurahan percontohan untuk pilot project Sumenep Hijau. Salah satunya dengan membangun RT-RT untuk dijadikan tempat hidroponik (budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan lahan).

Untuk menunjang program tersebut pihaknya telah melakukan perencanaan dengan memberikan dana ke masing-masing RT sebesar Rp 10 juta.

Ada 10 RT di Kelurahan Bangselok. Dan kegiatan tersebut ditarget sudah berjalan pada bulan September 2019.

Selama ini, di lingkungan Kelurahan Bangselok sudah ada kampung pembibitan, yakni kampung pembibitan Palem di RT 1 RW 4 dan kampung pembibitan Puring (bunga hias) di RT 7 RW 2.

Dan terdapat berbagai macam jenis tumbuhan Palem dan Puring yang sudah dibudidayakan oleh warga di RT tersebut.

Lurah yang masih muda ini memiliki misi khusus, yaitu menuntaskan kekumuhan di Kelurahan Bangselok.

“Semoga nanti tahun 2020 kita bisa tuntas. Saat ini, sudah di bawah 10 persen tingkat kekumuhannya,” sebutnya.

Pihaknya berharap, ke depan penataan dan partisipasi masyarakat Bangselok lebih baik lagi.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Hartono
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar