Jokowi Ajak Para Menteri Bahas Rencana Pemindahan Ibu Kota

Avatar of PortalMadura.com
Jokowi ajak para menteri bahas rencana pemindahan ibu kota
Salah satu sudut wajah ibu kota Indonesia, Jakarta. (Dandy Koswaraputra - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Presiden Joko Widodo meminta jajarannya membuat kajian untuk memindahkan ibu kota Jakarta ke daerah lain guna menyesuaikan kebutuhan mutakhir jangka panjang.

“Beberapa Negara sudah mengantisipasi perkembangan Negaranya di masa yang akan datang dengan memindahkan pusat Pemerintahannya,” ujar Jokowi, sapaan Presiden pada rapat kabinet terbatas,

Presiden mempertanyakan apakah sebagai ibu kota Negara Jakarta mampu menanggung dua beban sebagai pusat Pemerintahan dan pusat bisnis.

“Kita tidak boleh berpikir jangka pendek tapi kita harus bicara kepentingan lebih besar bagi bangsa Negara visioner dalam jangka panjang sebagai Negara besar menyongsong kompetisi Global,” jelas dia. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (29/4/2019).

Gagasan pemindahan ibukota ini sudah sejak era Presiden Soekarno tetapi wacana itu timbul tenggelam karena tidak pernah diputuskan dan tidak dijalankan, tambah dia.

“Dibutuhkan persiapan yang sangat matang,” tegas Jokowi.

Dia juga meminta jajarannya untuk memperhatikan aspek geopolitik serta persiapan infrastruktur pendukung dalam mewujudkan rencana itu.

“Saya meyakini Insya Allah kalau dari awal kita persiapkan dengan baik maka gagasan besar ini akan bisa kita wujudkan,” pungkas dia.

Rapat kabinet terbatas tersebut belum menyebut daerah mana yang cocok sebagai pengganti ibu kota Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.