Jumlah Penumpang Bus di Sumenep Meningkat

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Slamet HidayatEditor: Hartono
Salah satu bus AKAP berangkat dari Terminal Aryawiraraja Sumenep
Salah satu bus AKAP berangkat dari Terminal Aryawiraraja Sumenep, Selasa (27/12). (Slamet HD/PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, – Jumlah penumpang di Aryawiraraja Sumenep, Madura, Jawa Timur, meningkat pada masa angkutan Natal 2022 dan 2023.

“Ada peningkatan dibanding hari-hari biasa, baik di posisi keberangkatan (ke luar Sumenep) maupun kedatangan (tiba di Sumenep). Tapi, peningkatannya belum signifikan,” kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Aryawiraraja Sumenep, Handoko Imam Hanafi di Sumenep, Selasa (27/12).

Dalam kondisi normal atau hari-hari biasa, jumlah rata-rata keberangkatan penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Aryawiraraja Sumenep, secara keseluruhan sebanyak 450 orang.

Sementara jumlah rata-rata kedatangan penumpang bus di Sumenep sebanyak 395 orang dengan jumlah rata-rata bus yang beroperasi setiap harinya sebanyak 87 unit, yakni 60 bus AKDP dan 27 .

Sesuai data di Satuan Pelayanan Terminal Aryawiraraja Sumenep, sejak Minggu (18/12) pekan lalu hingga Senin (26/12), jumlah rata-rata keberangkatan penumpang bus AKDP dan AKAP setiap harinya di atas 500 orang.

Bahkan, tiga dari sembilan hari terakhir ini, jumlah keberangkatan penumpang bus dari Sumenep di atas 600 orang, yakni Selasa (20/12) pekan lalu sebanyak 613 orang, Minggu (25/12) sebanyak 611 orang, dan Senin (26/12) sebanyak 644 orang.

Sementara jumlah rata-rata kedatangan penumpang bus, baik bus AKDP maupun AKAP, di atas 400 orang setiap harinya dalam sembilan hari terakhir ini.

“Memang ada peningkatan. Tapi, belum terlalu signifikan. Artinya, keberangkatan maupun kedatangan calon penumpang bus masih bisa diatasi oleh armada yang secara reguler beroperasi di Sumenep setiap harinya. Belum perlu armada cadangan,” kata Imam, menerangkan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.