Jurnalis di Sumenep Belajar Cek Fakta

Penulis: HartonoEditor: Hartono
Jurnalis di Sumenep Belajar Cek Fakta
Pelatihan Cek Fakta bagi jurnalis di Sumenep (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya terus mendorong jurnalis lokal di Kabupaten Sumenep, Madura untuk berpartisipasi dalam menekan beredarnya disinformasi dan misinformasi.

Didukung AJI Indonesia dan Google News Initiative, AJI Surabaya menggelar pelatihan Cek Fakta untuk jurnalis dan jurnalis kampus, bertempat di salah satu kafe, Jl. Adhirasa, Sumenep.

Sebanyak 15 jurnalis mengikuti pelatihan Cek Fakta yang dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, Kamis-Sabtu (11-13/8/2022).

“Ini bagian dari ikhtiar AJI dalam mendorong jurnalis lokal untuk terlibat dalam Cek Fakta. Harapannya, di media masing-masing nantinya ada kanal khusus untuk Cek Fakta,” kata Sekretaris AJI Surabaya dan Trainer Google News Initiative, Andre Yuris, Jumat (12/8/2022).

Ia mengungkapkan, perlu kolaborasi lintas media untuk mencegah menyebarnya misinformasi dan disinformasi.
Jurnalis juga punya tanggungjawab menyampaikan kebenaran kepada publik.

“Dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, konten hoaks [hoax] juga jadi lebih cepat beredar,” ujarnya.

Baca Juga : Cek Fakta: Viral Video Pria Diganggu Sosok Kuntilanak Pasar Anom Sumenep?

Baca Juga : AMSI Jatim Gelar Training Cek Fakta Pilkada 2020

Dengan penguatan kapasitas dalam verifikasi fakta dapat membantu media lokal menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas. Maka, dengan sendirinya berkontribusi memenuhi hak masyarakat mendapatkan informasi yang berkualitas.

“Kemampuan Cek Fakta juga merupakan peluang profesi baru bagi teman-teman jurnalis,” ucapnya.

Media nasional seperti Tempo.co, Kompas.com, dan Liputan6.com memiliki kanal khusus Cek Fakta dan dikerjakan oleh jurnalis dan pemeriksa fakta.

Dalam pelatihan Cek Fakta ini, jurnalis dibekali dengan pemahaman tentang landscape hoaks di media, anatomi hoaks dan peran media. Juga keterampilan menggunakan tools verifikasi foto dan video, analisis sumber, audit media sosial dan etika pemeriksa fakta.

Kolaborasi Cek Fakta di Indonesia sudah dimulai tahun 2016 oleh AJI Indonesia, Mafindo dan Google News Initiative melalui portal cekfakta.com.

AJI Surabaya, didukung AJI Indonesia dan Google News Initiative telah menyelenggarakan pelatihan serupa untuk jurnalis di Surabaya dan Sampang, Madura.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.