Cek Fakta: Viral Video Pria Diganggu Sosok Kuntilanak Pasar Anom Sumenep?

Avatar of PortalMadura.com
Cek Fakta: Viral Video Pria Diganggu Sosok Kuntilanak Pasar Anom Sumenep?
Pria tidur sedang diganggu sosok kuntilanak (tangkapan layar WA)

PortalMadura.Com, Sumenep – Viral sebuah video yang menggambarkan seorang pria sedang diganggu sosok kuntilanak hingga tak berkutik.

Video tersebut berdurasi 4 menit 54 detik. Pada Jumat, 15 Juli 2022, video kuntilanak itu di sebar di salah satu grup WhatsApp (WA) di Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Narasi dalam grup WA itu, “Penampakan makhluk halus di Pasar Anom Sumenep”.

Cek Fakta: Viral Video Pria Diganggu Sosok Kuntilanak Pasar Anom Sumenep?
Grup WA Sumenep (tangkapan layar WA)

Untuk mengungkap sumber asli video tersebut, perlu kembali ke isi video terlebih dahulu, yang saat ini sedang dipertanyakan kebenarannya.

Video itu menggambarkan seorang pria tidur di depan toko yang sudah tutup dengan beralaskan sebuah tikar. Lalu, muncul sosok mirip kuntilanak di atas atap.

Sebelum kuntilanak muncul, diawal video tampak sepeda kecil roda 3 yang berjalan sendiri. Menjelang sepeda kecil itu tidak terlihat kamera, kuntilanak baru muncul di atas atap.

Pada detik 43, sebuah botol minuman tiba-tiba jatuh dari atas kursi yang ada di samping pria yang sedang tidur itu.

Ia terbangun dan nampak belum menyadari adanya gangguan kuntilanak yang melayang di atas atap yang sesekali menghilang menepi ke bangunan lain yang menjulang.

Baca Juga:  4 Hari Hilang Kontak, KLM Cinta Kembar Ditemukan di Perairan Ambunten Sumenep

Pada menit 1.35 kursi melayang naik turun dan jatuh ke lantai pada menit 2.09. Pria itu bangun dan berusaha mencari sumbernya dengan memegang senter. Lalu kembali tidur. Kejadian serupa terulang pada menit 3.34.

Masih tidak menyadari, pria itu kembali tidur di atas tikar. Rebahan si pria terganggu ketika tikar menggulung tubuhnya.

Ia terus berusaha melepaskan diri. Tikar itu baru kembali pada posisi semula saat kuntilanak yang melayang di atas toko menghilang dari rekaman video.

Penelusuran

Tim PortalMadura.Com berusaha mencari sumber asli video tersebut. Salah satunya memanfaatkan mesin pencarian google dan yandex.

Menemukan video serupa yang diunggah akun twitter Priyo Sambadha W @PSambadha pada tanggal 11 Juli 2022.

Cek Fakta: Viral Video Pria Diganggu Sosok Kuntilanak Pasar Anom Sumenep?
Akun twitter Priyo Sambadha W @PSambadha (tangkapan layar)

Video serupa itu berdurasi 2 menit 2 detik dan sudah mencapai 1 juta kali tayangan. Di-retweet 7.159 kali dengan tweet kutipan 1.802 kali dan mendapat suka 23,7 ribu.

Baca Juga:  Indra Sumbang Emas Lari Estafet Mix Senior di Kejurnas Atletik 2022

Sayangnya, tidak disebutkan lokasi pengambilan dan sumber video seorang pria yang diganggu sosok kuntilanak tersebut.

Mencari sumber video asli

Pencarian terhadap sumber video seorang pria yang diganggu sosok kuntilanak itu akhirnya berhasil. Video itu hasil karya YouTuber dengan menggunakan bahasa Bengali.

Bengali adalah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India di barat, utara, dan timur, Myanmar di tenggara, serta Teluk Benggala di selatan.

Pada kanal YouTube Ghost Meeting, mereka memang sengaja membuat video bernuansa kuntilanak, bukan sebuah penampakan yang dihasilkan dari makhluk gaib.

Mereka juga menyebar luaskan video hasil karyanya melalui Fanspage Facebook Ghost Meeting. Di lokasi serupa menayangkan siaran langsung pada 24 Mei 2022, berjudul “Live ghost capture in shop” (penangkapan hantu langsung di Toko). Wujud hantunya berbeda di tempat yang sama.

Kemudian mengunggah video berjudul “Monster Ghost capture CCTV Camera” (Monster Ghost menangkap Kamera CCTV) pada tanggal 3 Mei 2022. Lokasinya sama dengan wujud hantu berbeda pula.

Cek Fakta: Viral Video Pria Diganggu Sosok Kuntilanak Pasar Anom Sumenep?
Live Honted Garage Pukul 12 pagi Rekaman CCTV (tangkapan layar Fanspage Facebook Ghost Meeting)

Sedangkan video yang sama dengan narasi “Penampakan makhluk halus di Pasar Anom Sumenep”, ada pada video berjudul “Live Honted Garage At 12 am CCTV Footage” (Live Honted Garage Pukul 12 pagi Rekaman CCTV), yang diunggah pada Fanspage Facebook Ghost Meeting tanggal 7 April 2022 dengan durasi 5 menit.

Baca Juga:  Baling-Baling Patah, KLM Cinta Kembar Sempat Hilang Kontak

Kesimpulan

Video berdurasi 4 menit 54 detik dengan narasi “Penampakan makhluk halus di Pasar Anom Sumenep” yang disebar di salah satu grup WhatsApp (WA) di Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Jumat, 15 Juli 2022 adalah informasi tidak benar atau hoaks.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.