oleh

Kampus Unija Getol Perangi Peredaran Narkotika

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berkomitmen untuk memerangi peredaran narkotika.

“Target kita, melibatkan seluruh elemen kelembagaan yang ada di kampus untuk getol memerangi penyebaran narkoba di lingkungan Unija,” kata Rektor Unija Sumenep, Sjaifurrachman, Jumat (11/9/2020).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Kampus, kata dia, merupakan sarana untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan yang luas, menciptakan mahasiswa yang bertanggung jawab, demokratis serta memiliki karakter yang kuat.

“Untuk mencapai itu, seluruh peserta didik tentu harus bersih dari segala jenis penyalahgunaan narkotika,” tegasnya.

Ia menegaskan, memerangi peredaran narkotika di lingkungan kampus butuh adanya peraturan yang mengikat sejak awal rekrutmen mahasiswa dan ketenagakerjaan baru.

“Artinya, dengan peraturan itu, siapapun yang ingin masuk di kampus Unija harus benar-benar bebas dari penyalahgunaan narkotika yang dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit,” terangnya.

Bila ada mahasiswa dan ketenagakerjaan yang terlibat dalam kasus hukum narkotika, pihaknya memastikan akan dipecat dengan tidak hormat.

Untuk itu, pihaknya menerapkan lima langkah alternatif untuk memerangi peredaran narkotika, yakni bersifat promotif, prefentif, kuratif, represif dan rehabilitatif.

“Artinya, kita perlu memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan pencegahan yang melibatkan semua komponen, termasuk unsur pemerintah,” pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar