Kantor Disparbudpora Sumenep Bakal Jadi Tempat Spa

Avatar of PortalMadura.com
Kantor Disparbudpora Sumenep Bakal Jadi Tempat Spa
dok. Kepala Disparbudpora Sumenep, Sufiyanto (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan beralih fungsi. Kantor yang ada di Jalan Dr. Soetomo No. 5 tersebut akan dijadikan tempat Spa Keraton.

“Kami akan pindah ke bekas kantor Dinas Kebersihan di Jalan Gotong Royong. Karena kantor ini masuk bangunan cagar budaya,” kata Kepala , Sufiyanto, Kamis (19/7/2018).

Menurutnya, sesuai Undang-undang cagar budaya, setiap bangunan yang tercatat sebagai cagar budaya dilarang untuk dirubah. Sementara, kantor Disparbudpora memerlukan pengembangan bangunan.

“Makanya kami memilih untuk pindah. Di lantai dua kantor lama itu nantinya akan dijadikan museum pusaka atau museum keris. Fungsinya nanti akan berisi pusaka-pusaka serta tempat transaksi keris produksi empu di Sumenep,” ujarnya.

Ia menerangkan, Sumenep masuk ke 10 spa nasional yang ditetapkan pemerintah pusat, sehingga Kementerian Pariwisata memerintahkan agar kabupaten di ujung timur Pulau Madura ini memiliki rumah Spa Keraton.

“Terkait dengan upaya pemindahan kantor itu kami sudah mendapatkan persetujuan dari Bupati. Sedikit demi sedikit kami pindahkan aset dinas ke tempat yang baru,” ucapnya.

Bumi Sumenep ini dikenal memiliki budaya yang luar biasa, tidak hanya keberadaan Keraton Sumenep, tapi juga banyaknya empu keris, sehingga Sumenep kini juga dijuluki Kota Keris.

“Untuk itu kita terus memikirkan bagaimana segala fasilitas segera ada, di antaranya rumah Spa Keraton dan museum keris ini,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.