Kapal Khatijah 01 Meledak dan Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi

Avatar of PortalMadura.com
Kapal Khatijah 01 Meledak dan Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi
Asap hitam membubung pada Kapal Khatijah 01 yang meledak dan terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep (Ist)

PortalMadura.Com, – Kapal Motor (KM) Khatijah 01 dilanda kebakaran di Pelabuhan Gayam, Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada pukul 04.25 WIB, Rabu (26/1/2022).

Kapal milik saudari Atik, warga Desa/Kecamatan Gayam, Sumenep itu berkapasitas 25 ton muatan dengan memiliki panjang 19 meter dan lebar 4,50 meter.

“Timbulnya percikan api dari ruang mesin,” terang Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S.

Kapal yang bermuatan 120 jerigen BBM jenis pertamax dan sembilan bahan pokok itu terbakar sekitar 25 menit setelah sandar di Pelabuhan Gayam. KM Khatijah melakukan perjalanan laut dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Tiga anak buah kapal (ABK) dilaporkan mengalami luka bakar pada tubuhnya. Ketiganya, Misrawan, warga Desa Karang Tengah Gayam, Rida' alias Agung dan Hasim, warga Desa Pancor Gayam.

Widiarti menjelaskan, percikan api dari kamar mesin awalnya diketahui oleh ABK Misrawan. Lalu berinisiatif melemparkan muatan BBM jenis pertamax ke laut. Namun, sebagian BBM yang tersisa tiba-tiba meledak hingga kapal pecah terbagi dua bagian.

“Ketiga ABK terkena percikan api dan mengakibatkan korban luka bakar. Para korban dievakuasi dan sudah mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Gayam,” terangnya.

Kerugian yang menggunakan mesin 4 PK tersebut ditaksir mencapai Rp450 juta.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.