Kartini Sebagai Inspirasi dan Kekuatan Bangsa

Avatar of PortalMadura.Com
Kartini Sebagai Inspirasi dan Kekuatan Bangsa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada tanggal 21 April merupakan hari untuk memperingati sosok pahlawan wanita bernama Raden Adjeng Kartini. Kartini merupakan perempuan Indonesia yang memperjuangkan kesetaraan hak bagi kaum perempuan.

Raden Adjeng Kartini adalah pribadi yang lembut dan santun, tanpa meninggalkan sifat keperempuanannya (Feminim) mencoba mendobrak keterbelengguan yang mengungkung dirinya dan kaum perempuan pada masa itu. Dengan membaca berbagai buku menjadi jendela baginya untuk melihat keluar dan melepaskan diri dari belenggu itu.

Ia memiliki kepedulian terutama terhadap sesama kaumnya, ia juga tidak ingin belajar untuk dirinya sendiri. Makanya ia mengumpulkan teman-teman perempuannya untuk diajarkan tulis menulis dan berbagi ilmu pengetahuan lainnya.

Dalam pandangannya, perempuan itu tidak hanya harus bisa urusan “belakang” rumah tangga saja. Lebih dari itu perempuan juga harus mempunyai wawasan dan ilmu yang luas pula, tidak terkukung dan terpasung dengan adat yang akan mehambat kreativitas dan logika, tanpa meninggalkan fitrahnya sebagai perempuan.

Berkat kegigihannya itu Kartini berhasil mendirikan tidak hanya mendirikan satu sekolah. Sekolah Wanita milik Kartini ada di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”.

Selain mengajar, Kartini selalu menerima permintaan mengarang di berbagai media cetak, baik majalah maupun surat kabar. Kartini banyak menulis tentang pemikirannya mengenai bagaimana perempuan tidak bisa dilihat sebelah mata.

Tidak dapat dipungkiri bahwa lepasnya belenggu sampai kepada kebebasan perempuan dalam menuntut ilmu serta belajar dibangku sekolah pada era modern ini adalah salah satu contoh hasil dari perjuangan R.A Kartini. Dengan begitu bahwa gerak juang kartini bukan sekedar inspirasi, tapi telah menjadi kekuatan sejati bagi bangsa, tentunya di Indonesia sendiri. (bumn.go.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.