Karyawan Kulit Putih Protes ‘Diskriminasi’ di Afrika Selatan

Avatar of PortalMadura.Com
Karyawan Kulit Putih Protes 'Diskriminasi' di Afrika Selatan
Ilustrasi. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Karyawan di perusahaan petrokimia Sasol, , berunjuk rasa memprotes kebijakan perusahaan yang lebih menguntungkan karyawan berkulit hitam.

Perusahaan baru-baru ini menerbitkan skema staf yang disebut dengan Khanyisa, yang secara eksklusif memberikan saham hanya kepada karyawan kulit hitam.

Johan Kruger, pemimpin Serikat Pekerja Solidaritas, mengatakan kepada Anadolu Agency, “Ini pertama kalinya dalam sejarah Afrika Selatan di mana pekerja kulit putih mogok karena .” dilaporkan Anadolu Agency, Selasa (4/9/2018)

Menurut Kruger, 6.300 anggota sebagian besar karyawan kulit putih akan terus melakukan aksi protes di Sasol sampai perusahaan merevisi kebijakannya.

Serikat itu mengajak warga Afrika Selatan untuk berhenti mengisi bahan bakar kendaraan mereka di Sasol sebagai tanda solidaritas dengan para demonstran.

Pemerintah Afrika Selatan memberlakukan sebuah kebijakan yang mengharuskan perusahaan untuk merekrut warga berkulit hitam. Separuh dari jumlah seluruh karyawan untuk menghindari ketidakadilan di masa lalu.

Sementara itu, Sasol menjelaskan bahwa skema Khanyisa diberlakukan untuk merealisasikan kebijakan pemerintah dalam memberdayakan orang kulit hitam.

Sasol, produsen utama minyak di Afrika Selatan yang juga beroperasi di Amerika Serikat menggunakan teknologi untuk mengubah batubara dan gas menjadi bahan bakar. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.