oleh

Kasus Kekerasan Seksual Menurun di Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Kasus kekerasan seksual di wilayah hukum Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur menurun pada tahun 2020.

Data di Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas KB dan P3A) Bangkalan, jumlah kasus kekerasan seksual tahun 2020 sebanyak 19 kasus. Di tahun 2019 mencapai 26 kasus.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) dan KB, Bangkalan, Ismanto, Rabu (6/1/2021) menduga, menurunnya jumlah kekerasan seksual di tahun 2020 ada dua faktor.

“Pertama karena tidak terungkap dan yang kedua tidak ada kesempatan,” katanya.

Pada masa pandemi Covid-19, kata dia, warga dilarang ke luar rumah sehingga berpengaruh terhadap penurunan kasus kekerasan seksual.

Pihaknya mengungkapkan, pelaporan kasus kekerasan seksual di tahun 2020, kadang kala kasusnya terjadi pada tahun sebelumnya. “Kasus tahun sebelumnya baru terungkap di tahun 2020, karena korban baru membuat laporan,” terangnya.

Penurunan angka kasus kekerasan seksual di tahun 2020, pihaknya berharap ke depan Bangkalan semakian baik. “Ke depannya kasus kekerasan seksual lebih berkurang lagi. Kalau bisa tidak ada sama sekali,” tandasnya.(*)

Penulis : M Saed
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar