oleh

Ketahui 5 Manfaat Kapur Barus yang Belum Banyak Diketahui

PortalMadura.Com – Kapur barus atau yang dikenal dengan nama kamper ini memiliki banyak manfaat yang belum diketahui oleh banyak orang. Biasanya kamper ini digunkan sebagai salah satu pengharum ruangan yang serba guna. Kamper ini memiliki aroma yang segar dan khas yang mampu menyingkirkan bau tidak sedap pada ruangan.

Kapur baru ini adalah zat padat berupa lilin berwarna putih dengan formula kimia. Selain sebagai pengharum ruangan, kapur ini memiliki manfaat untuk mengusir serangga dan hama yang ada dalam ruangan rumah Anda. Dilansir dari laman Popmama.Com, Rabu (6/1/2021) berikut manfaat kapur barus yang belum bayak diketahui.

Mengharumkan Kamar Mandi

Ruangan yang paling sering memiliki bau tidak yaman adalah kamar mandi. Bau yang tidak sedap dari kamar mandi terkadang menyebar ke ruangan lain sehingga membuat suasana yang tidak nyaman. Padahal kamar mandi ini merupakan bagian ruangan yang penting dalam suatu rumah. Anda bisa menghilangkan bau dengan menggunakan kapur barus. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu meletakkan kapur barus di kamar mandi.

Mencegah Pertumbuhan Jamur di Dalam Lemari

Lemari merupakan tempat yang mudah lembab sehingga berisiko mudah ditumbuhi jamur. Jika lemari Anda ditumbuhi jamur maka akan mencemari barang barang Anda. Menghilangkan jamur ini sangat mudah yaitu dengan membersihkan jamur yang masih menempel di lemari dan dilanjutkan dengan meletakkan kapur barus didalamnya. Maka kamper ini akan berfungsi sebagai pencegah pertumbuhan jamur dan mengharumkan bagian dalam lemari.

Menghilangkan Bau Sepatu

Bau pada sepatu sering kali dialami setiap orang. Biasanya bau sepetu ini dikarenakan sepatu sering terkena hujan dan tidak kering dengan maksimal. Bau pada sepatu bukan hanya membuat Ada tidak nyaman namun juga orang di dekat Anda akan merasakan hal yang sama. Bau pada sepatu ini disebabkan oleh bakteri atau pertumbuhan jamur di alas kaki. Untuk menghilangkan bau ini Anda bisa menggunakan kamper. Letakkan kamper didalam sepatu lalu diamkan selama semalaman setelah itu buang sisa kamper. Cara ini dinilai ampuh untuk menghilangkan bau pada sepatu.

Menyingkirkan Kecoa

Salah satu hewan yang membuat geli adalah kecoa. Biasanya hewan ini ada karena lingkungan yang kurang bersih. Kecoa merupakan hewan yang penuh dengan kuman. Bahkan hewan ini membuat ruangan bau bahakan lebih parahnya baketeri yang dibawa kecoa dapat mengganggu kesehatan Anda. Cara mengusir kecoa dengan mudah adalah menggunakan kapur barus. Aroma yang segar dankuat dapat menyingkirkan kecoa di rumah.

Mengusir Cicak

Cicak merupakan hewan yang sering kali ditemukan di rumah dan merayap di dinding atau langit-langit rumah. Cara yang bisa dilakukan untuk mengusir cicak dirumah dengan menggunakan kapur barus ini. Sama halnya dengan kecoa yang tidak suka akan bau yang menyengat dari kapur barus. Cicak juga tidak menyukai bau dari kapur barus ini. Untuk memakai kapur barus ini cukup dengan menggantungkan d sudut-sudut rumah yang sering didiami oleh cicak.

Inilah manfaat kapur barus yang belum banyak diketahui. Anda bisa menggunakan kapur barus ini untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di rumah Anda. Harganya yang terjangkau dan Anda bisa mendapatkan manfaatnya.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : popmama.com

Komentar