5 Kebiasaan yang Membuat Tubuh Mudah Lelah dan Mengantuk

Avatar of PortalMadura.com
5 Kebiasaan yang Membuat Tubuh Mudah Lelah dan Mengantuk
Ilustrasi (halodoc.com)

PortalMadura.Com – Saat Anda sering merasa cepat lelah, bisa jadi itu indikasi adanya masalah kesehatan yang serius. Tapi ingat, juga menjadi peran utama dalam meningkatkan energi Anda. Bahkan gaya hidup yang tidak tepat bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika sering mudah merasa lelah, coba lihat kebiasaan hidup Anda yang bisa membuat Anda mudah lelah. Dilansir dari laman Fimela.Com, Kamis (3/9/2020) berikut ini beberapa kebiasaan yang membuat tubuh Anda mudah .

Kurangnya Asupan Karbohidrat

Kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat menjadi yang membuat tubuh menjadi mudah lemah dan mengantuk. Sebaiknya sarapan dengan mengonsumsi karbohidrat. Anda bisa mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti gandum. Karbohidrat bisa membuat perut kenyang lebih lama, tubuh lebih kuat untuk melakukan aktivitas, dan tidak mudah lelah atau mengantuk.

Terlalu Banyak Kafein

Kafein dipercaya bisa membuat tubuh lebih berstamina. Tapi pada dasarnya, terlalu banyak mengonsumsi kafein seperti kopi atau teh, bisa membuat tubuh menjadi lebih lelah, dan justru membuat mata lebih mudah mengantuk.

Selain membuat tubuh lebih lelah dan mengantuk, terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat pikiran menjadi stres, gugup, jantung berdebar, terlalu cemas dan suasana hati menjadi lebih mudah berubah.

Melupakan Sarapan

Jangan pernah melupakan sarapan agar tidak mudah lelah dan mengantuk. Sarapan sangat penting untuk menambah energi, pada saat beraktivitas di setiap hari. Sebaiknya sarapan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, biji-bijian, lemak sehat, buah dan sayur.

Kandungan protein dan lemak, bisa membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama. Sedangkan biji-bijian, buah dan sayur, memiliki kandungan serat dan vitamin, yang bisa menjaga energi tubuh dan menguatkan sistem imun.

Kurang Mengonsumsi Air Putih

Tubuh yang lelah dan mudah mengantuk, bisa saja disebabkan karena tubuh sedang dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi disebabkan karena kekurangan cairan, atau kurangnya mengonsumsi air putih sehari-hari.

Agar tubuh tidak dehidrasi, konsumsilah air putih kurang lebih 8 gelas sehari, dan kurangi mengonsumsi alkohol serta soda. Karena alkohol dan soda bisa merusak sistem imun tubuh.

Terlalu Banyak Mengonsumi Gula

Kebiasaan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah dan mengantuk, yaitu karena terlalu banyak mengonsumi gula. Pada dasarnya gula sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Apalagi kalau yang mengandung gula tambahan pada makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Gula yang baik untuk dikonsumsi adalah gula yang terbuat dari bahan alami, seperti gula yang terkandung dalam buah-buahan. Bukan gula yang terdapat pada kue manis, soda atau alkohol.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.