Kebijakan Yang Tepat, Pengangguran Terbuka di Sumenep Menurun

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: HartonoEditor: Hartono
Kebijakan Yang Tepat, Pengangguran Terbuka di Sumenep Menurun
Bupati Sumenep Achmad Fauzi

PortalMadura.Com, terbuka di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menurun pada tahun 2022.

“Periode Agustus 2022 menurun 1,36 persen dibandingkan 2 tahun sebelumnya di atas 2 persen, yakni 2021 sebesar 2,31 persen dan 2020 mencapai 2,84 persen,” terang Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Rabu (16/11/2022).

Penurunan pengangguran itu, kata dia, menunjukkan kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah sesuai harapan bersama. Data itu, berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), periode Agustus 2022.

Pihaknya terus berupaya akan menekan angka pengangguran tersebut. Menurutnya, rendahnya tingkat pengangguran berdampak terhadap angka kemiskinan dan indeks pembangunan manusia.

“Salah satunya melalui job fair sebagai media mempertemukan secara langsung pencari kerja dan pengguna tenaga kerja atau perusahaan,” katanya.

Pelaksanaan job fair 2022 bertajuk “Meningkatkan Kondisi Kerja Untuk Pulih Bersama” dengan melibatkan 21 perusahaan dari sektor usaha. Rinciannya, 10 perusahaan dari luar daerah dan 11 perusahaan dari Kabupaten Sumenep, termasuk 4 instansi pemerintah.

Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, perangkat daerah perlu terus berkolaborasi dan bersinergitas dengan berbagai pihak untuk bersama-sama membangun Sumenep, salah satunya menekan angka pengangguran.

“Pemerintah daerah harus memfasilitasi ketersediaan dan kebutuhan tenaga kerja guna menekan tingkat pengangguran terbuka di tahun-tahun berikutnya,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.