oleh

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Dipertimbangkan

PortalMadura.com- Dewasa ini membuat website untuk keperluan apapun bukan merupakan sesuatu yang sulit dilakukan. Hanya dengan menggunakan jasa penyedia pembuat website atau hosting, situs web kita sudah siap dipakai. Dari sini Anda perlu mengerti kelebihan dan kekurangan shared hosting murah secara rinci.

Mulai dari web untuk hal remeh seperti menuangkan tulisan dan gambar, hingga web untuk keperluan bisnis online. Meski kelihatannya mudah, namun sebagai pemakai jasa hosting kita tetaplah harus menjadi konsumen yang cerdas.

Apa itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah jenis layanan hosting yang memiliki pusat server yang sama dengan beberapa akun web lainnya. Yaitu di mana sebuah akun hosting diletakkan dalam satu server bersama dengan beberapa akun lain. Itu artinya servis ataupun layanannya digunakan pula secara bersamaan.

Apabila Anda baru memulai mengaktifkan sebuah situs web, maka shared hosting merupakan salah satu opsi yang cocok untuk dijadikan sebagai jenis hosting untuk web tersebut. Shared hosting ini merupakan jenis layanan hosting yang paling banyak disukai bagi para pendatang baru.

Berikut ini penjelasan rinci terkait shared hosting serta kelebihan dan kekurangan yang penting untuk Anda ketahui.

Kelebihan Shared Hosting

Kira-kira apa sajakah kelebihan shared hosting? Sudahkah sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan situs web Anda? Jawabannya akan ada di sini.

1. Efektivitas dan Efisiensi Biaya

Ketika memilih menggunakan layanan shared hosting maka Anda memperoleh keuntungan dengan tawaran harga yang amat terjangkau. Hal ini pastinya akan mengurangi pengeluaran anggaran dalam pembuatan situs web.

Walaupun dengan harga yang terbilang murah, namun shared hosting juga memberikan peluang bagi situs web untuk tetap berkembang. Misalnya untuk penambahan ruang penyimpanan dengan biaya yang sangat rendah.

2. Nyaman dan Ramah Digunakan

Pada shared hosting, situs web dikelola oleh webmaster dengan memakai alat panel kontrol. Alat panel kontrol shared hosting dikenal cukup ramah terhadap penggunanya, dikarenakan mempunyai beberapa fitur penyesuaian yang tersedia.

Fitur ini membantu pengguna dengan mudah untuk mengelola berbagai fasilitas seperti mengunggah file seperti teks dan foto.

Pada pengelolaan situs web juga dilakukan oleh para pakar sehingga memberikan Anda kenyamanan yang memungkinkan Anda bisa menjalankan kepentingan situs web dengan lancar.

3. Pengaturan dan Pengelolaan Mudah

Shared hosting sangat cocok untuk situs web yang baru saja mulai dijalankan, di mana tidak terlalu melihat banyak lalu lintas pengunjung.

Kelebihan ini memberikan ruang bahwa situs web tetap berada pada batas-batas yang aman dan nyaman yang ditentukan oleh banyak pengguna yang memanfaatkan sumber daya seadanya.

Kekurangan Shared Hosting

Selain kelebihan yang sudah dipaparkan, shared hosting juga mempunyai sejumlah kekurangan sebagai berikut:

1. Keamanan yang Kurang Terjamin

Dengan harga yang amat terjangkau faktor keamanan shared hosting belum dilengkapi dengan sistem yang baik. Hal ini akan memungkinkan terjadinya peretasan dan terancamnya data pada situs Anda.

2. Terbatasnya Kinerja

Dikarenakan digunakan bersama-sama dengan akun lain dalam satu server, hal ini mengakibatkan situs web akan memiliki keterbatasan dalam bekerja. Bahkan jika salah satu akun web mengalami gangguan hal itu dapat berdampak pada akun lain yang berada pada server yang sama.

Misalnya ketika situs web mengalami lonjakan pengunjung maka situs belum terdapat persiapan untuk hal ini. Akibatnya situs akan mengalami proses loading dan memuat halaman yang lebih lama dari biasanya.

3. Terjadinya Crash

Sistem yang mengalami crash dalam penggunaan layanan shared hosting dapat terjadi. Hal ini bisa saja terjadi karena server terlalu banyak dibebani kinerja dari ribuan akun di dalamnya.

Setelah mengerti kelebihan dan kekurangan shared hosting tersebut bagaimana keputusan yang akan Anda ambil? Tetap akan memilih jenis jasa shared hosting untuk situs web Anda atau pindah pada opsi yang lainnya?

Semua jenis jasa hosting tentu terdapat kelebihan dan kekurangan. Yang terpenting adalah tetap menyesuaikan dengan keperluan dan kepentingan situs web.

-
-

Komentar