oleh

Mempercepat Penyembuhan Luka, 4 Manfaat Pegagan Untuk Kesehatan Kulit

PortalMadura.Com – Pegagan atau Lat. Centella Asiatica merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Pegagan banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional untuk menangani permasalahan pada kulit.

Pegagan memiliki zat kimia yang sepertinya bisa membantu mengurangi peradangan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (18/2/2021), berikut manfaat pegagan untuk kesehatan kulit Anda:

Melancarkan Peredaran Darah

Mengonsumsi ekstrak pegagan dapat menunjukkan efek perbaikan aliran darah dan memperbaiki struktur pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan akibat gangguan pembuluh darah vena.

Melembapkan kulit

Penggunaan kosmetik yang terdiri dari kandungan beberapa jenis pegagan ternyata mampu mengembalikan kelembapan kulit dan mengobati peradangan di kulit.

Menyembuhkan Luka pada Kulit

Pegagan bisa membantu menyembuhkan luka. Hal ini karena pegagan yang dapat meningkatkan kadar antioksidan dan merangsang pertumbuhan pembuluh darah pada kulit yang luka untuk menunjang proses penyembuhan luka.

Mengurangi Stretch Marks

Penggunaan krim berbahan efektif dapat mencegah timbulnya stretch mark pada ibu hamil jika dibandingkan minyak zaitun atau almon.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar