Keliling Kota, Cara Milenial Sumenep Bangunkan Sahur Pakai Musik Uldaul

Penulis: HartonoEditor: Putri Kuzaifah
Keliling Kota Cara Milenial Sumenep Bangunkan Sahur1
Kaum milenial Sumenep membangunkan sahur dengan musik uldaul (@portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Kaum milenial Sumenep, Madura, Jawa Timur, memiliki cara unik untuk membangunkan sahur warga kota.

Mereka keliling kota dengan musik sahur yang dikenal dengan musik uldaul. Musik ini, merupakan kolaborasi dari berbagai alat musik tradisional dan modern.

Seperti alat musik yang terbuat dari peralatan sehari hari dimodifikasi menjadi drum bass, trompet modern, gong, kentungan hingga jidur.

Ada tujuh kelompok musik uldaul yang keliling kota pada Minggu (10/4/2022) dini hari.

Mereka mengakhiri memainkan musik yang kedengaran rancak dan memiliki ciri khas tersendiri itu dengan cara berkumpul di depan lapangan karapan sapi Giling Sumenep.

Keliling Kota Cara Milenial Sumenep Bangunkan Sahur2
Ach. Choirul Ramadani

Salah seorang penggiat budaya, Ach. Choirul Ramadani menjelaskan, membangunkan sahur dengan musik tradisional dilakukan spontan oleh kaum milenial Sumenep.

Baca Juga:  Sumenep Hadapi Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten Kreatif Kemenparekraf

“Mereka rindu dengan musik yang memiliki ciri khas. Selama Covid-19 atau sudah dua tahun Ramadan tidak pernah main. Malam ini banyak yang turun membangunkan sahur,” katanya.

Ach. Choirul Ramadani yang juga ditugaskan untuk melakukan pendataan seni dan kebudayaan Sumenep oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan mengatakan, kedepan butuh difasilitasi oleh pemerintah.

“Minimal ada tempat berkumpul bagi kelompok musik sahur ini, selain membangunkan sahur, juga wadah bertemunya kaum milenial Sumenep yang gandrung akan musik tradisional ini,” ujarnya.

Bila mendapat pembinaan atau minimal ada yang mengkoordinir untuk tempat antraksi, akan mejadi sajian menarik dan tontonan gratis buat masyarakat.

“Jadi, ini perlu pembinaan atau arahan. Minimal disediakan tempat buat antraksi mereka. Ini kan hanya satu tahun sekali,” tandasnya.(*)

Baca Juga:  Massa Aksi PMII Tiba di Polres Sumenep

[Live] Musik Sahur Milenial Sumenep Madura

 


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.