Kelompok 121 KKN UTM, Lakukan Edukasi dan Pemberdayaan UMKM

Avatar of PortalMadura.com
Kelompok 121 KKN UTM, Lakukan Edukasi dan Pemberdayaan UMKM
Sosialisasi UMKM dan pembuatan produk di Desa Buluh, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai masalah di berbagai sektor, terutama di sektor ekonomi.

KKNT 121 berinisiatif untuk melakukan sosialiasi kepada masyarakat mengenai UMKM dan memberikan pelatihan pembuatan sebuah produk yang dapat dipasarkan.

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah adalah bisnis dalam ukuran kecil yang jumlahnya paling besar di Indonesia dari pada unit usaha lain. Usaha ini biasanya dijalankan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha kecil.

Di Desa Buluh, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, masih minim UMKM yang
beredar di desa, masyarakat sekitar lebih dominan bekerja di ladang maupun merantau, melihat dari potensi alam yang tersedia, tidak meunutup kemungkinan berbagai potensi tersebut apabila dimanfaatkan dengan kreatif, tentu akan menghasilkan keuntungan bagi masyarakat Desa Buluh.

Sehubungan dengan dilaksanakannya KKNT oleh Universitas Trunojoyo Madura yang mengusung tema “Kebangkitan Sosial Ekonomi”, M Nur Hidayat Anwar, mahasiswa ilmu komunikasi dan menjadi anggota kelompok KKNT 121 melakukan sosialisasi mengenai pentingnya UMKM dan pembuatan produk cemilan siap jual.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di rumah kepala Dusun Buluh Atas, Kegiatan ini dihadiri oleh warga sekitar yang tinggal tidak jauh dari kediaman bapak kepala Dusun Buluh Atas.

Sosialisasi ini berfokus pada bagaimana masyarakat Desa Buluh ini dapat memanfaatkan potensi desa menjadi sebuah UMKM yang bernilai ekonomi, dan dijelaskan strategi penjualan produk agar diminati masyrakat di masa peralihan pandemi Covid-19.

Masyarakat Dusun Buluh Atas juga mendapatkan contoh produk yang dapat dijadikan menjadi sebuah UMKM, kelompok KKNT 121 memberikan cara pembuatan produk popcorn, proses pengemasan, proses pelabelan hingga sampai tahap bagaimana cara memasarkan produk ke masyarakat.

Warga terlihat antusias dengan adanya sosialisasi UMKM yang dilakukan oleh Kelompok KKNT 121. Beberapa warga saling bertukar ilmu dan pengalaman, mereka sangat termotivasi untuk membuat UMKM guna meningkatkan perkonomiannya.

Dengan diadakannya sosialisasi, Hidayat selaku anggota kelompok KKNT 121 berharap agar warga Desa Buluh untuk berinovasi dan memaksimalkan potensi desa guna meningkatkan perekonomian masyarakat.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon
Penulis: M Nur Hidayat AnwarEditor: Desy Wulandari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.