Kelurahan Bangselok Dapat Dua Penghargaan Sekaligus di Hari Jadi ke 750 Sumenep

  • Bagikan
Kelurahan Bangselok Dapat Dua Penghargaan Sekaligus di Hari Jadi ke 750 Sumenep
Lurah Bangselok, M. Fajar Hidayat, mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Sumenep (Foto. Nanik Dwi Jayanti/ @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Kelurahan Bangselok mendapat dua penghargaan sekaligus dari Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (31/10/2019).

Penghargaan tersebut adalah untuk Kampung Berhias yang merupakan kegiatan dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dan Lurah Teladan yakni program baru dari bagian pemerintahan umum dan otonomi daerah.

Penyerahan tersebut diberikan langsung oleh Bupati Sumenep, A Busyro Karim, usai upacara Hari Jadi ke 750 Sumenep di depan Masjid Jamik.

Lurah Bangselok, M. Fajar Hidayat mengatakan, Kelurahan Bangselok akan berusaha ke tingkat mandiri di tahun 2020 setelah berhasil menyandang predikat kampung berseri di tingkat madya tahun ini.

“Untuk lurah teladan, kegiatan ini melombakan empat kelurahan untuk menunjukkan inovasi-inovasinya. Alhamdulillah inovasi yang kami tunjukkan kemarin yang pertama pelayanan dengan sistem smart, yang kedua adalah pengelolaan lingkungan dengan metode bertaring, yang ketiga jalinan komunikasi antar lingkup kedinasan,” jelasnya.

Dikatakan, Kelurahan Bangselok merupakan satu-satunya percontohan kampung hidroponik di Kabupaten Sumenep.

Saat ini Kelurahan Bangselok sedang gencar melakukan pembibitan di setiap RT dan direncanakan tiga bulan lagi tanaman hijau itu siap untuk dipanen.

“Kalau tidak ada halangan tiga bulan lagi dengan kegiatan-kegiatan yang lain akan mengundang pejabat-pejabat tinggi kabupaten untuk melakukan panen bersama kita. Jadi kegiatan hidroponik benar-benar berjalan,” katanya.

Di kesempatan pameran pembangunan yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Sumenep tanggal 21-25 Oktober, Kelurahan Bangselok bekerja sama dengan Rumah Hidroponik Ar Rayan juga menunjukkan display produk siap panen kepada masyarakat tanaman hidroponik beserta hasil pengolahannya.

Kelurahan Bangselok Dapat Dua Penghargaan Sekaligus di Hari Jadi ke 750 Sumenep
Kiri, Lurah Bangselok, M. Fajar Hidayat, menunjukkan hasil panen tanaman hidroponik (Foto: Joni Suhartono)

Sehingga masyarakat bisa tahu bahkan bisa panen dan merasakan langsung kesegaran sayuran hijau di tempat tersebut.

Kemudian, untuk setiap pengolahan lingkungan yang dilayangkan Kelurahan Bangselok itu menggunakan tagline kelurahan Bertaring (Bersih Tertata dan Rindang).

Tagline tersebut juga merupakan misi dan tujuan warga Bangselok untuk menciptakan kampung bersih tertata dan rindang sehingga bisa menghapus title kelurahan kumuh.

“Kelurahan Bangselok Alhamdulillah saat ini berkembang pesat sekali, dari dulu kami ingin menghapus Kelurahan Bangselok dari SK kumuh dari Kabupaten Sumenep. Semoga SK kumuh di kelurahan kumuh Bangselok itu dicabut,” harapnya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.