Nasihat Bijak yang Ingin Setiap Anak Dengar dari Ortu

Nasehat Bijak yang Ingin Setiap Anak Dengar dari Ortu
Ilustrasi (Popmama.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Di masa tumbuh kembang anak atau masa keemasannya, memori anak sangatlah kuat. Mereka merekam semua interaksi yang ada di sekitar dengan mudahnya. Oleh karena itu, Orang Tua (Ortu) perlu menjaga ucapannya di depan si Kecil.

Ada kalanya memang seorang anak membutuhkan teguran atau omelan dengan tujuan untuk perbaikan perilakunya. Namun selain itu, anak juga butuh yang namanya kata-kata bijak. Walaupun usianya terbilang masih dini, memori mereka mampu merekam nasihat bijak yang diucapkan orang tuanya dengan baik.

Tidak hanya itu, kata-kata bijak juga penting untuk mengapresiasi dan juga menjadi penyemangat mereka. Jadi, tidak ada salahnya selalu menyelipkan satu dua kalimat untuk memompa semangat anak-anak.

Kenapa demikian?. Kalimat yang tulus dari orang tua akan menjadi penegasan positif bagi perkembangan emosi anak-anak yang sehat. Untuk itu, frasa yang positif tentunya juga dibutuhkan guna membantu anak-anak lebih percaya diri.

“Pekerjaan orang tua adalah membentuk perilaku anak-anak,” kata seorang profesor pediatri di Medical University of South Carolina, Michelle Macias, MD.

Berbicara mengenai perilaku tentu saja hal tersebut tidak terlepas dari bagaimana Anda mengajarkan tata bahasa, dan sikap positif dalam keseharian.

Dalam hal ini, Anda juga perlu menunjukkan kebanggaan terhadap mereka karena anak-anak pada dasarnya suka diberitahu betapa berharganya mereka. Salah satu yang bisa dilakukan yakni melalui pujian, seperti dilansir Haidunda.com, yang dikutip dari Parents.

“Anak-anak menganggap pujian sebagai hadiah dalam dirinya sendiri. Dan pujian merupakan cara untuk membantu mereka mempelajari perilaku seperti apa yang dapat diterima, bahkan sejak dini,” tambah Macias.

Lantas, kata-kata bijak seperti apa yang umumnya diharapkan oleh anak-anak?

Dilansir Haibunda.com yang dikutip dari Faithful Man, beberapa kata-kata bijak yang dapat memompa semangat diri anak di antaranya sebagai berikut:

1. Bunda pikir, kamu anak yang luar biasa!
2. Kamu melakukan pekerjaan yang hebat!
3. Terima kasih sudah menjadi anak yang luar biasa!
4. Terima kasih, kamu membuat Bunda dan Ayah selalu tersenyum.
5. Kamu melakukannya dengan sangat baik.
6. Kamu sangat berani.
7. Itu hal yang sangat baik untuk dilakukan.
8. Kamu sangat pintar.
9. Terima kasih telah menghormati Bunda.
10. Kamu orang yang hebat.

Nah, itulah beberapa kata-kata bijak yang dapat membuat anak-anak menjadi lebih bersemangat. Jangan lupa menyisipkannya dalam kalimat harian Anda saat berkomunikasi dengan anak-anak ya.

Baca Juga : 3 Cara Bijak Cegah Anak Suka Lukai Diri Sendiri

Sekilas mungkin tampak sepele dan biasa, tapi kata-kata bijak tersebut akan direkam dengan baik oleh anak yang kemudian memompa semangatnya untuk melakukan hal baik lainnya.

Jadi, jangan ragu untuk melayangkan pujian sebagai bentuk apresiasi pada mereka. Semoga membantu dan selamat mencoba.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.