Kemarau Panjang, Warga Montorna Sumenep Kesulitan Air Bersih

Avatar of PortalMadura.com
Kemarau Panjang, Warga Montorna Sumenep Kesulitan Air Bersih
Warga Montorna Sumenep antre mendapatkan air (Foto Arifin)

PortalMadura.Com, menyebabkan kekeringan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, semakin meluas. Akibatnya tidak sedikit warga di sejumlah daerah kekurangan air bersih, seperti di Desa Montorna, Kecamatan Pasongsongan.

“Kekurangan air bersih menjadi langganan bagi warga di sini. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus menunggu giliran sampai satu hingga dua hari. Karena sumber mata air sudah banyak yang kering,” kata salah satu warga setempat, Situnah, Kamis, (4/10/2018).

Di Desa Montorna, lanjutnya, ada satu dusun yakni Dusun Tanunggu dengan 950 warga sangat kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Pasalnya, dusun itu jauh dari mata air. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga harus menempuh jalan yang sangat jauh, itu pun air yang didapat air keruh.

“Kondisi seperti ini kami alami sejak kecil dan hingga sekarang belum ada solusinya,” keluhnya.

Ia menambahkan, bantuan air bersih dari pemerintah, baik berupa jangka panjang maupun jangka pendek tidak pernah diterimanya karena memang tidak ada. Padahal, warga setempat sangat membutuhkannya.

“Warga disini terpaksa mencari sumber mata air sendiri. Tapi karena keterbatasan alat selalu gagal,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, R. Abd Rahman Riadi mengatakan, bantuan air bersih untuk Desa Montorna sudah dilakukan. Namun, dirinya menyadari tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat secara keseluruhan, salah satunya keterbatasan armada.

“Untuk suplai air di Desa Montorna dan Prancak sudah kami lakukan. Tapi tidak setiap hari, karena harus gantian dengan daerah lain,” jawab Rahman. (Arifin/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.