Kemenaker RI Gandeng Pesantren Buka Job Fair di Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Kemenaker RI Gandeng Pesantren Buka Job Fair di Sumenep
Asisten Staf Khusus Kemenaker RI, Nur Faizin (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia bekerjasama dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Matholi'ul Anwar Indonesia () menggelar di Gedung Islami Center Bindara Saod, Sumenep, Madura, Jawa Timur, selama dua hari yakni Senin hingga Selasa (5-6/3/2018).

“Ini sebagai bentuk kongkrit untuk mengurangi pengangguran yang saat ini masih tinggi,” kata Ketua Dewan Kehormatan F-KAMMAI, Moh. Ali Wasik, Senin (5/3/2018).

Bursa kerja ini merupakan rangkaian Kongres II F-KAMMAI yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Matholi'ul Anwar Pangarangan Sumenep. Bursa kerja ini juga sebagai wadah fasilitasi para pencari kerja dan perusahaan terkait.

“Harapannya dapat menyerap tenaga kerja produktif, utamanya mereka alumni pesantren di Madura,” ungkapnya.

Bursa kerja ini dibuka oleh Asisten Staf Khusus , Nur Faizin. Hadir juga Kasubdit Antar Kerja Direktorat PTKDN Kemenaker RI, Timbul Tua Panggabean, Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sumenep, Drs. Moh. Zaini dan Sekdis Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sumenep Ir. Joko Sowarno.

“Mengacu pada data BPS, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia dalam dua tahun terakhir ini terus menurun. Misalnya, pada 2015 sebesar 7,45 juta orang (sekitar 5,81 persen) menjadi 7,02 juta orang (sekitar 5,5 persen dari total penduduk),” jelas Nur Faizin di Sumenep.

Kendati trennya turun, pemerintah tidak tinggal diam untuk terus mengurangi pengangguran dan pengentasan kemiskinan. Pada 2018 pemerintah menargetkan penurunan 2 juta atau setara 5,2 persen tingkat pengangguran terbuka.

“Sementara, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) diharapkan bisa naik mencapai 71,5,” imbuhnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.