Kemenhub: Libur Natal, Tahun Baru Penumpang Naik 37 Ribu Orang

Avatar of PortalMadura.Com
Kemenhub Libur Natal, Tahun Baru penumpang naik 37 ribu orang
Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Pemerintah memprediksi menjelang liburan natal 2018 dan 2019 akan terjadi peningkatan penumpang angkutan transportasi laut.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan Agus Purnomo memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 3,49 persen atau 37.564 penumpang dibandingkan tahun lalu.

“Tentu akan terjadi peningkatan pada moda transportasi laut, sehingga harus diantisipasi dengan penyediaan sarana angkutan yang andal dan memadai,” kata Dirjen Agus di Jakarta pada Rabu.

Dia pun mengagendakan liburan natal dan tahun baru 2019 akan berlangsung mulai tanggal 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Dia mengaku akan melakukan kegiatan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut melalui Posko Angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di seluruh pelabuhan di Indonesia

“Dimana terdapat 52 pelabuhan yang akan dipantau untuk melihat perkembangannya dari tahun ke tahun,” tambah dia. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (22/11/2018).

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan menyiapkan armada kapal laut sebanyak 1.293 unit dengan kapasitas 3,4 juta orang penumpang.

Selain itu, kata dia, dalam rangka menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran pada masa liburan tersebut diperintahkan kepada seluruh Unit Penyelenggara Teknis (UPT) untuk melaksanakan uji petik kelaiklautan kapal penumpang di seluruh pelabuhan, terutama pada pelabuhan yang melayani angkutan penumpang.

“Uji Petik kelaiklautan kapal ini sangat penting, terutama untuk memastikan terpenuhinya standar keselamatan pelayaran sehingga seluruh moda kapal dapat melayani para penumpang pada masa liburan Natal dan tahun baru,” tegas Agus. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.